HUT ke-647 Kota Cirebon Tampil Beda

bandungekspres.co.id, CIREBON – Kota Cirebon memasuki usia yang ke-647 pada 1 Oktober 2016. Serangkaian kegiatan telah disiapkan untuk memeriahkan momen istimewa setahun sekali itu.

Wali Kota Cirebon Drs H Nasrudin Azis SH memastikan, konsep berbeda di ulang tahun ke-647 di kota yang dipimpinnya itu. Itu jadi bagian dari bukti hasil sinergi pemerintah dan berbagai lapisan masyarakat.

Salah satunya berkat melalui pembentukan komunitas Cirebon Sae, yang di dalamnya diisi dunia usaha. Mereka berasal dari pelaku usaha hotel, restoran, pariwisata, supermarket, mal dan masih banyak lagi.

’’Komunitas ini (Cirebon Sae) sebagai inisiatif menyatukan pengusaha di Kota Cirebon, agar antara pengusaha memiliki program yang terarah, saling menguntungkan,” terang dia Minggu (25/9).

Oleh karena itu, kata Azis, pemerintah akan memberi fasilitas kepada pengusaha. Dengan harapan pengusaha bisa ikut berperan aktif sebagai pelaku utama dalam pembangunan Kota Cirebon.

Ma’ruf Nuryasa Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Cirebon
Ma’ruf Nuryasa

Kabag Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Cirebon

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Cirebon Ma’ruf Nuryasa menjelaskan, sejumlah rangkaian acara menyambut Hari Jadi Kota Cirebon ke-647. Mulai dari Cirebon Drum and Marching Band Competition 2016 pada 1 Oktober. Kirab Keraton Cirebon, Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Cirebon, Kirab Agung Laskar Macan Ali Nusantara pada Minggu 2 Oktober. Kemudian, Pembacaan Babad Cirebon pada Senin 3 Oktober, dan Pagelaran Sendra Gentala pada Sabtu 8 Oktober 2016.

’’Hari jadi makin terasa dengan kehadiran Cirebon Super Sale 24 sampai 9 Oktober 2016. Diskonnya sampai 50 persen dong,’’ kata pria jangkung ini.

Menurut Ma’ruf, banyak sesuatu yang baru hadir di ulang tahun kota tahun ini. Seperti Kirab Keraton dan Cirebon Super Sale. Selain itu akan dihelat juga lomba masak dan makan nasi lengko 2.016 piring atau kotak yang bertemakan ’’Makan Sehat dan Gratis bersama Sega Lengko Jeh” ujarnya.

Rencananya, tambah Ma’ruf, pada hari ulang tahun kali ini juga, akan mengundang beberapa perwakilan dari pemerintahan pusat, seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, pimpinan Polri, hingga 12 kedutaan besar (kedubes) negara sahabat. Pemerintah berharap agar di usianya yang ke 647 Kota Cirebon dapat dikenal lebih luas oleh masyarakat di Indonesia. ’’Memang beda di hari jadi Kota Cirebon tahun ini,’’ ungkap dia. (ist/hen)

Tinggalkan Balasan