Panpel Pastikan Panjat Tebing Siap 100 %

LEMBANG – Panitia pelaksana (panpel) cabang olahraga panjat tebing memastikan sarana dan prasarana pertandingan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat sudah siap 100 %. Hal ini mulai dari sarana untuk tempat menonton atau tribun, arena pertandingan hingga akses jalan.

Ketua Panpel PON XIX Jawa Barat Cabang Olahraga Panjat Tebing Wandian Rusnawan menjelaskan, sudah 100 % siap menggelar pertandingan. Seluruh sarana pendukung seperti tenda kesehatan, gudang peralatan, tenda akomodasi dan lainnya sudah datang dan seluruhnya sudah dipasang panitia.

”Venue ini sudah tinggal dipakai pertandingan. Kita sudah siap seluruhnya,” ungkapnya kepada wartawan di Lembang, kemarin (16/9).

‪Pematangan jelang pertandingan terus dilakukan dengan melaksanakan rapat koordinasi. Pihaknya pun menyatakan kesiapan sumber daya manusia (SDM) berkoordinasi dengan Bidang Pertandingan PB PON XIX. Sesuai jadwal yang dikeluarkan panitia, cabang olahraga panjat tebing PON XIX akan dipertandingkan selama sembilan hari, 18-27 September 2016.

Diungkapkan dia, faktor cuaca yang sering turun hujan menjadi sedikit persoalan karena pertandingan panjat tebing adalah olahraga outdoor. Jika turun hujan deras, maka waktu pertandingan akan digeser hingga malam hari karena sudah disediakan lampu penerangan.

”Kalau hujan gerimis tidak masalah, jadwal pertandingan masih tidak akan berubah,” bebernya.

Saat ini, tiga dinding panjat dipastikan sudah steril atau tidak digunakan menjelang pertandingan resmi. Dinding panjat baru bisa digunakan saat ujicoba atau latihan resmi atlet pada 17 September mendatang.

”Nanti saat latihan resmi, tiap provinsi akan mendapat jatah mencoba dinding panjatan antara 1-2 jam. Kalau sekarang para atlet harus steril, termasuk juga atlet tuan rumah Jabar tidak bisa berlatih,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua Harian Sub PB PON Kabupaten Bandung Barat Maman S Sunjaya meninjau kesiapan venue panjat tebing dan sepeda gunung di Desa Cikole Kecamatan Lembang. Menurut Maman, berdasarkan pemantauannya, sudah 99 % venue panjat tebing dan sepeda gunung siap untuk digunakan.

”Sebagai tuan rumah, Kabupaten Bandung Barat sudah siap menyambut PON. Seluruh venue dipastikan sudah siap digunakan seperti venue panjat tebing dan sepeda gunung ini,” kata Maman sekaligus Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Barat. (drx/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan