10 Venue PON di Jalak Harupat Siap Pakai

bandungekspres.co.id – KETUA Harian Panitia Besar PON XIX/2016 Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan, 10 venue di Pusat Pertandingan Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung siap digunakan untuk PON XIX/2016.

”Alhamdulillah, seluruh venue di sini (Pusat Pertandingan Si Jalak Harupat) bisa digunakan untuk pertandingan PON XIX/2016. Tinggal bagaimana tidak hanya secara fungsional tapi juga menarik atau secara estetikanya,” ujar Iwa Karniwa kepada media di Bandung kemarin (29/8).

Ke-10 venue yang akan digunakan untuk PON XIX di lokasi tersebut di antaranya sepak bola, polo air, bola voli, angkat berat, hockey, softball, baseball, panahan dan binaraga.Iwa merinci sejumlah venue di lokasi tersebut hanya tinggal dilengkapi oleh fasilitas penunjang lainnya seperti Lapangan Hockey yang akan dipasang lampu penerangan di 12 titik.

”Sementara yang lainnya seperti untuk venue binaraga, angkat berat dan angkat besi itu sudah lengkap semua serta bola voli berkapasitas 6 ribu penonton siap digunakan. Tinggal dilengkapi dengan taman ke akses menuju venue-nya,” katanya.

Khusus venue hockey, kata dia, rencananya akan dilakukan gotong royong oleh relawan, PNS dibantu TNI untuk membersihkan sisa-sisa renovasi di venue tersebut yang sebelumnya dipakai untuk lapangan sepakbola. ”Pak bupati (Bandung) sudah menginstruksikan staf dan jajarannya untuk melakukan pembersihan dan penataan taman, parkiran dan lain-lain. Dan saya kira ini langkah yang bagus,” kata dia.

Oleh karena itu, lanjut Iwa, kedepannya bagaimana keberadaan venue tersebut bisa menjadi daya tarik bagi daerah lainnya di Indonesia setelah PON XIX. ”Jadi bagaimana selanjutnya setelah PON nanti bisa mengundang 34 provinsi lainnya untuk datang ke Kabupaten Bandung dan Kota Bandung sehingga ini bisa menggerakkan sektor ekonomi dan tenaga kerja,” katanya. (bam/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan