TNI AU Butuh Tambahan Pesawat Tempur

bandungekspres.co.id, LEMBANG – Konflik di wilayah perbatasan meningkat, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU ) minta tambah pesawat tempat. Terutama di Medan, Kalimantan, Papua dan beberapa wilayah perbatasan lainnya. Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Jemi Trisonjaya, hal itu dilakukan untuk meningkatkan pengamanan di seluruh nusantara.

”Tambahan pesawat ini mulai dari pesawat tempur sampai helikopter, ” ucap Jemi kepada wartawan usai acara serah terima jabatan Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Danseskoau) di Lapangan Walet Seskoau Lembang, Jumat (26/8).

Jemi menyebutkan, idealnya untuk setiap titik di perbatasan nusantara, dibutuhkan satu skadron (14 pesawat) tempur. Hal ini untuk meningkatkan pengawasan dan pengamanan di beberapa titik perbatasan dengan negara lain.

”Pada intinya lebih banyak lebih bagus,” ujarnya.

Akan tetapi, lanjut dia, semuanya dikembalikan terhadap ketersediaan anggaran. Khusus tahun ini, ada tambahan pesawat baru, terutama pesawat tempur dan helikopter angkut. Menurutnya, saat ini sedang dalam proses pembelian.

Disinggung banyak pesawat jatuh, Jemi membantah disebabkan minimnya pemeliharaan. Pesawat yang sering jatuh disebabkan banyak faktor. Mulai dari faktor medan hingga cuaca/alam.

”Karena untuk pemeliharaan kita sudah terjadwal,” ujarnya.

Dia mengibaratkan seperti perawatan pada mobil.  Walaupun perawatannya baik, tapi kalau ada faktor lain tetap ada kecelakaan.

Pasca Lengsernya, Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Danseskoau) Marsda TNI A. Dwi Putranto, saat ini Marsda TNI Dedy N. Komara yang menggantinya. Komandan Seskoau yang ke-37 yang juga alumni Akademi TNI Angkatan Udara (AAU) lulusan 1983.

Jabatan yang pernah diemban meliputi perwira penerbang di beberapa skadron udara mulai dari skadron udara 32 wing ops 001 kopatdara, skadron udara 32 Lanud Abdurahman Saleh Malang, dan skadron udara 17 Lanud Halim PK. Hadir juga Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Agus Supriatna (drx/nit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan