Tidak Sekadar Merangkai Bunga, Prospek Karir Florist Makin Menjanjikan

Lalu, apa perbedaan florist dan tukang bunga pada umumnya? Selain susunan bunga yang memperhatikan estetika, jenis bunga, dan tone warna, ternyata faktor quality control-lah yang bikin bouquet buatan florist lebih mahal. Harga bouquet bunga karya florist sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 3 juta. ’’Yang membedakan bouquet yang dijual florist dengan pasar bunga biasa tuh dari treatment yang diberikan. Florist pasti memberikan treatment pada bunganya. Salah satunya memberikan flower food atau vitamin bunga,’’ kata Belina kepada Zetizen. That’s why, bunga milik florist pasti bisa bertahan lebih lama kalau dibandingkan dengan bunga umum yang dibeli di tukang bunga biasa.

Jika melihat tren saat ini, rangkaian bunga ternyata makin diminati. Mulai untuk weddings bouquet, dekorasi rumah dan pameran, hingga pemakaman. Masyarakat juga mulai paham tentang seninya bunga sehingga karir florist makin dipandang. Itulah yang diakui Caroline Rubianto, salah seorang owner Studio Jiro, Jakarta. Mulai acara ulang tahun, anniversary relationship, ataupun sebagai ucapan terima kasih, bunga akan selalu menjadi pilihan yang bisa diberikan. Dari sini bisa terlihat bahwa bisnis dan prospek karir seorang florist pun kian menjanjikan. (fer/dhs/c14/zet)

Jumlah responden 2.166 orang. Polling dilakukan di 34 provinsi, mulai Aceh hingga Jayapura. Sample error 4,5 persen.

Jenis Kelamin

  • Cowok 39%
  • Cewek 61%

Pendidikan

  • SMP     14%
  • SMA    69%
  • Kuliah 17%

Usia

  • 13–15 tahun 26%
  • 16–18 tahun 60%
  • 19–20 tahun 14%

5 di antara 10 Zetizen pernah kasih bunga kepada orang yang mereka anggap spesial.

Zetizen di Jogja, Jawa Barat, Maluku, dan Sulawesi Tengah paling sering memberikan bunga untuk nembak gebetan dan hadiah ke pacar.

Zetizen di Sulawesi Utara, Bali, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara memilih untuk kirim bunga saat merayakan momen kelulusan teman.

8 di antara 10 Zetizen memfavoritkan bunga mawar untuk rangkaian yang dipesan dari florist.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan