Anggun: Saya Orang Indonesia

Anggun menyatakan, meski lama tinggal di Prancis hingga punya anak di sana, dirinya tetap membawa identitas Indonesia. Anggun memilih menamai anaknya Kirana yang Indonesia sekali. Perempuan yang patung lilinnya segera mengisi Madame Tussauds Bangkok tersebut mengajari Kirana bahasa Indonesia hingga fasih. Itulah yang menjadikan Kirana orang Indonesia meski paspornya bukan paspor Indonesia. ”Buat saya sih, nasionalisme itu ada di bahasa. Bukan atribut yang kelihatan di luar. Kalau pakai batik, semua orang juga bisa,” ucap Anggun dengan nada agak sinis.

Anggun menilai sudah saatnya pemerintah merevisi undang-undang tentang kewarganegaraan. Keputusannya untuk melepas kewarganegaraan Indonesia pada saat itu juga bukan tanpa alasan. Juga bukan hal yang mudah. Jika diperkenankan memiliki dua kewarganegaraan, Anggun tentu akan mempertahankan kewarganegaraan Indonesia. Namun, Indonesia tidak mengenal kewarganegaraan ganda.

Dia harus memilih salah satu. Prancis menjadi pilihannya untuk memudahkan karirnya sebagai penyanyi. Memegang paspor Prancis membuat Anggun lebih mudah mobile dari satu negara ke negara lain. ”Undang-undang itu harus direvisi. Contohnya, saya sendiri. Saya diharuskan melepas kewarganegaraan. Kalau tidak, enggak bisa. Susah kan itu. Tapi, yang penting di dalam hati, saya tetap orang Indonesia,” tuturnya. (and/c14/ayi/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan