Ribuan Warga Saksikan Asian African Carnaval

bandungekspres.co.id, SUMUR BANDUNG – Ribuan warga Kota Bandung dan sekitarnya memadati Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung, kemarin (14/8). Mereka antusias menyaksikan berbagai hiburan dalam pagelaran Asian African Carnaval 2016. Event ini dalam rangka memperingati Hari Konferensi Asia Afrika (KAA) dengan tema ’Birds Of The World’.

Karnaval ini dihadiri 22 perwakilan negara anggota KAA. Mereka tampak terhibur menyaksikan tarian, nyanyian, dan parade kostum bertema burung. Selain itu, para siswi SMA mengenakan pakaian adat Sunda menambah semarak event ini.

Acara dimulai jam 08.00 pagi dengan simbolis melepas burung merpati. Para peserta berjalan beriringan dari prapatan Jalan Tamblong-Jalan Asia Afrika menuju depan Gedung Merdeka. Selain warga Bandung, ada juga peserta asal luar negeri.

Wali Kota Bandung Ridwan Kami didampingi Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Pariwisata Nusantara Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan Tazbir Abdullah.

Menurut Tazbir, kegiatan ini begitu penting untuk dilaksanakan dan dijadikan agenda rutin setiap tahun. Pasalnya, melihat Kota Bandung sebagai kota bersejarah. Sehingga, dengan kegiatan ini bisa menggugah solidaritas antar negara.

”Momentum ini menandakan solidaritas yang kuat antar Negara-negara Asia Afrika,” kata Tazbir. Dia mengungkapkan, dengan digelarnya festival tersebut, diharapkan dapat menjadi inspirasi perkembangan kerja sama antar negara Asia Afrika.

”Saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan kegiatan ini. Ke depan diharapkan bisa lebih meriah lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ridwan Kamil mengatakan, kegiatan Peringatan Asian African Carnaval tahun ini agak berbeda. Pasalnya, persiapan melalui pemerintah pusat yakni Kementerian Pariwisata.

”Ini merupakan kreativitas warga Bandung yang turut serta meramaikan event ini. Semoga tahun-tahun berikutnya lebih meriah lagi dari tahun ini,” jelas Emil, sapaan akrab Wali Kota Bandung ini. (dn/fik)

Tinggalkan Balasan