Warga Sambut Program Citarum Bastari

bandungekspres.co.id, BALEENDAH – Program Citarum Bestari (bersih sehat indah dan asri) semakin terlihat titik terang. Sebab, sepanjang Sungai Citarum dan anak-anak Sungai Citarum sudah terlihat perubahan yang sangat signifikan.

Pantauan di lapangan, unsur TNI seluruh babinsa kodim 0609 Kabupaten Bandung hususnya babinsa koramil 0906/Ciparay, saling bahu membahu dengan masarakat dan ecovilage melakukan pembersihan di anak Sungai Cigugur yang bermuara ke Sungai Citarum di Kampung Muara Cikopo, Kelurahan Wargamekar Kecamatan Baleendah, Jumat (5/8).

Penanggung jawab Komandan Sektor 14, Kapten Inf. Nanang mengatakan, pihaknya setiap hari Jumat bergotong royong bersama warga setempat dan Eco vilage untuk menjadikan anak sungai Cigugur semakin bersih. Apalagi masyarakat sangat antusias dengan adanya program Citarum Bestari program dari pemerintah provinsi. ”Diharapkan menjadi motivasi bagi masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan,” kata Nanang saat wawancara usai kegiatan bersih-bersih.

Sedangkan warga kampung Cikopo lanjut Nanang, sudah berkomitmen tidak akan membuang sampah sembarangan ke sungai. Karena warga Cikopo sudah sadar akan kebersihan. ”Sampah yang menumpuk sudah di bakarnya, dan kami pun sudah menyediakan 20 tonk sampah, 2 gerobak sampah, serta tempat penampungan sampah sementara pun sudah disediakan. Selain itu, kami pun mensiagakan personel beserta warga untuk selalu melakukan pemantauan setiap malamnya, agar tidak ada yang membuang sampah ke sungai pada malam hari,”ucapnya.

Nanang optimistis program Citarum Bestari ini akan sukses sampai waktu yang ditargetkan. Pasalnya, warga sudah mulai sadar akan kebersihan dan kelestarian alam. ”Dengan suksesnya program Citarum Bestari, kedepannya mudah-mudahan sungai ini seperti dulu lagi bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat ,” paparnya. (yul/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan