Bus Wonderful Indonesia Itu bak Undangan buat Wisatawan

Wisatawan, tambah Eka, bakal lebih mengenal wajah Indonesia di bus tersebut. Sebab, selama perjalanan, diputar tayangan soal wisata Indonesia.

Menurut Eka, hasil survei yang dilakukan Dinas Pariwisata Prancis menyebutkan, Indonesia kini menjadi destinasi wisata favorit kedua setelah Kuba. Indonesia menjadi favorit karena banyak hal yang ingin mereka ketahui, selain Bali yang memang sudah mendunia.

”Kalau hitung-hitungan angka, sejak Januari lalu jumlah turis Prancis yang berkunjung ke Indonesia naik 24 persen dibanding periode yang sama tahun lalu,” tuturnya.

Kebijakan bebas visa kunjungan yang berlaku maksimal 30 hari ikut mendongkrak animo warga Prancis untuk mendatangi Indonesia. Banyak destinasi yang membuat warga negeri runner-up Euro 2016 itu penasaran. Misalnya Kalimantan dengan orang utannya, lalu Pulau Komodo, Bromo, Mentawai, dan Karimun Jawa.

Sebelumnya, lanjut Eka, sangat sulit meyakinkan warga Prancis agar mau melirik Indonesia. Citra sebagai negara ”sarang teroris” alias tidak aman masih tertanam di benak orang Prancis. Karena itu, VITO sebagai perwakilan Kemenpar di Prancis punya misi untuk meluruskan stigma tersebut.

Caranya, di antaranya, mengadakan training destination untuk tour operator di Prancis. ”Mereka harus memberikan informasi yang benar soal Indonesia. Selain, tentunya, strategi how to sell Indonesia dan mengapa harus ke Indonesia,” papar perempuan 42 tahun itu.

Strategi baru juga sudah disiapkan Kemenpar dan VITO untuk promosi wisata. Mumpung kontrak Wonderful Indonesia dengan Open Tour selaku operator bus wisata di Paris baru berakhir pada 18 Juli mendatang, mereka akan memanfaatkan bus tersebut buat road show.Road show itu menyertakan pengelola wisata di Indonesia. Mereka nanti dipertemukan dengan agen wisata di Prancis. ”Ya, setelah ini akan ada road show Indonesia Tour de France dengan menggunakan bus Wonderful Indonesia. Ada empat kota yang kami kunjungi, yaitu Paris, Lyon, Toulouse, dan Nantes,” papar Eka. (*/c11/ttg/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan