Roller Coaster Cristiano Ronaldo

Keberhasilan Portugal merebut juara juga diganjar dengan terpilihnya empat penggawa Seleccao das Quinas dalam Tim Terbaik Euro 2016 (starting eleven). Mereka adalah Ronaldo, Pepe, kiper Rui Patricio, dan bek kiri Raphael Guerreiro. Melengkapi skema 4-2-3-1, ada nama Joshua Kimmich, Jerome Boateng, dan Toni Kroos (Jerman); Aaron Ramsey dan Joe Allen (Wales); serta Antoine Griezmann dan Dimitri Payet (Prancis). Yang menarik, tidak ada nama Gareth Bale (Wales).

Tim terbaik dipilih oleh 13 anggota pengamat teknik UEFA. Dipimpin Ioan Lupescu, anggotanya adalah Sir Alex Ferguson, Alain Giresse, David Moyes, Packie Bonner, Mixu Paatelainen, Savo Milosevic, Peter Rudbæk, Gareth Southgate, Thomas Schaaf, Jean-François Domergue, Ginés Meléndez, dan Jean-Paul Brigger.

Menurut Ferguson yang juga duta pelatih UEFA, pemilihan tim terbaik mengacu berbagai kriteria. Untuk lini serang, misalnya. ’’Kami memilih pemain fleksibel dan kreatif serta memiliki kemampuan mengkreasi peluang dan mencetak gol,’’ ujarnya di situs resmi UEFA. ’’Kami percaya tim terbaik ini mempresentasikan yang terbaik sepanjang turnamen,’’ imbuhnya. (ren/c19/dns/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan