Mulai Bermimpi Juara

 

bandungekspres.co.id – Pelatih Polandia, Adam Nawalka, meyakini bahwa timnya memiliki masa depan cerah kendati baru saja tersingkir di perempat final Euro 2016. Bukan apa-apa, Robert Lewandowski cs pulang hanya karena kalah dalam adu penalti. Seperti diketahui, adu penalti ibarat lotere.

Setelah selalu kandas di fase grup dalam dua gelaran Euro sebelumnya yakni 2008 dan 2012, Polandia untuk kali pertama lolos dari fase grup. Mereka pun bisa melewati babak 16-besar dan mencapai perempat final.

Dalam perjalanannya, Polandia tak terkalahkan dalam waktu normal dan perpanjangan waktu. Mereka bahkan sanggup menahan imbang 0-0 raksasa Jerman di fase grup. Ini mengindikasikan bahwa Polandia telah berkembang secara pesat.

Tanda-tanda Polandia bakal bangkit seperti era 1970-an hingga awal 1980-an sudah terlihat di Kualifikasi Euro 2016. Mereka mampu mengalahkan Jerman untuk pertama kali dalam sepanjang sejarah pertemuan. Itu menjadi prestasi fenomenal.

’’Kami terus berkembang dan memiliki masa depan cerah. Euro 2016 menjadi bukti bahwa kami bukan lagi tim yang mudah dikalahkan. Kami selalu berusaha untuk meningkatkan permainan dan selalu optimistis menatap ke depan,’’ sebut Nawalka kepada Uefa.com.

’’Semangat tim adalah kekuatan pendorong kami di sini. Kami harus berpikir tentang apa yang kami raih di sini dan terus bergerak maju. Tidak perlu bersedih terlalu lama karena kami memiliki masa depan cerah,’’ imbuh Nawalka.

Nawalka yakin Lewandowski bakal memimpin negaranya pada masa depan. Kehadian penyerang Bayern Muenchen itu memang sangat berpengaruh terutama di ruang ganti.

’’Lewandowski masih dan akan selalu menjadi pemain besar bagi tim ini. Dia kapten, dia memotivasi pemain di lapangan maupun di luar lapangan,’’ pujinya. ’’Perilakunya sangat istimewa. Saya sangat senang dengan cara dia di lapangan. Saya ingin berterima kasih kepadanya dan seluruh pemain dengan ambisi besar mereka,’’ papar dia.

Target selanjutnya Polandia adalah lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Mereka dipenuhi keyakinan mampu mewujudkan target tersebut. Terakhir kali Polandia tampil di putaran final Piala Dunia pada 2006.

Portugal memang melaju ke semifinal Euro 2016, tapi pelatih Fernando Santos secara mengejutkan masih menyimpan penyesalan. Itu lebih karena Portugal harus berada di lapangan lebih lama yang membuat para pemainnya kelelahan. Secara tidak langsung bakal berimbas pada semifinal nanti. Meski, Santos menyebut fokus utama saat ini adalah mengembalikan kebugaran pemain sebelum tampil di semifinal.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan