5 Pesawat Tak Laik

Sementara itu, Kepala Kantor SAR Bandung S. Riyadi menyatakan kesiapan Tim Basarnas dalam mendukung kesiapsiagaan arus mudik Lebaran. ”Setiap pegawai Basarnas tidak diizinkan untuk cuti,” tegasnya.

Basarnas Kantor SAR Bandung juga, katanya, sudah mendirikan posko posko di jalur mudik. Di antaranya Tol Cipali, Purbaleunyi, Rest Area KM 102 Cipali, Nagreg, Tasik, Ciamis, Pangandaran, Cileunyi, Palimanan dan Cirebon.

”Kami telah membentuk tim rescue mobile menggunakan roda empat dan roda dua. Harapannya, bisa menggapai ke lokasi suatu kejadian menjadi lebih cepat,” urainya.

Di bagian lain, menjelang mudik Lebaran, Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan Kabupaten Bandung Barat menggenjot perbaikan jalan di jalur mudik. Sejumlah jalur mudik yang tengah dikerjakan seperti di jalur Parongpong, Lembang, Cikalongwetan, Cipatat dan Cililin.

Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan KBB, Adang Rachmat Syafaat mengatakan, menjelang mudik Lebaran perbaikan jalan dipercepat. Hal ini dilakukan agar saat mudik Lebaran pengendara yang melewati jalur di Kabupaten Bandung Barat akan lebih nyaman.

”Kita targetkan H-7 Lebaran sejumlah titik jalur mudik yang dilalui pengendara bisa selesai. Kami juga melakukan penambalan jalan terhadap titik yang memang sudah rusak,” kata Adang, kemarin (23/6).

Perbaikan jalan juga dilakukan terhadap jalur alternatif. Menurut Adang, jalur alternatif ini seringkali menjadi pilihan pengendara agar terhindar dari kemacetan. Sehingga dibutuhkan kondisi jalan yang mulus. ”Beberapa jalur alternatif kita perbaiki. Karena jalur ini menjadi pilihan agar terhindar dari kemacetan parah serta jauh lebih cepat untuk mencapai tujuan,” paparnya.

Lebih jauh Adang menjelaskan, selain perbaikan jalan di jalur mudik dan alternatif, perbaikan juga difokuskan terhadap jalur wisata. Pada saat Lebaran nanti, jalur seperti di Lembang, Parongpong dan sekitarnya harus benar-benar mulus. Bukan hanya dilalui oleh masyarakat Kabupaten Bandung Barat, namun juga dilalui oleh kendaraan dari berbagai kota yang akan menuju lokasi wisata.

”Makanya jalur wisata ini juga yang kami kerjakan lebih cepat,” tegasnya.

Untuk memberikan kenyamanan pada saat mudik, lanjut dia, pihaknya sudah jauh-jauh hari memasang dan memperbaiki penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah titik. PJU sudah dipasang sejak 2 bulan yang lalu. ”Kami juga memperbaiki PJU yang rusak dan mati. Ada juga beberapa PJU baru yang kami pasang,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan