Masyarakat Harus Ubah Pola Hidup dalam Menjaga Sungai

Hal ini kurangnya kesadaran untuk mendidik dan memberikan contoh adalah hal yang perlu diperbaiki dan akan membutuhkan waktu yang tidak sedikit supaya kesadaraan akan kebersihan dapat terciptakan.

Intinya, kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah supaya tidak mencemari lingkungan yang pengakibatkan banjir, yang disebabkan karena tingkat kesadaran masyarakat masih rendah. Padahal sudah banyak program pemerintah untuk atasi sampah disamping rutinitas dari dinas kebersihan dan ada juga program bank sampah yang belum dimanfaatkan dengan maksimal.

Hal ini, lanjut Agung, harus ada upaya ekstra baik dari pemerintah maupun kelompok pemerhati lingkungan, baik mulai dari hulu sungai sampai hilir sungai. Dan upaya ekstra pun harus maksimal dari semua pihak mulai dari tingkat bawah saling mengingatkan untuk pengelolaan buang sampah dan yang pasti ditunjang sarana, sehingga tidak hanya sekedar mengingatkan tapi harus disiapkan sarananya.

Kita berharap, kawasan yang kerap menjadi permasalah banjir disetiap tahunnya, agar bisa menjadi kawasan bersih bahkan bisa menjadi kawasan wisata. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan