Terapi Ozon Ini Bikin Masalah Bau Mulut Hilang

PENTING menjaga kesehatan gigi dan mulut jelang Lebaran. Apalagi, masalah yang kerap dialami hampir semua orang, yaitu masalah bau mulut. ”Dalam dunia kedokteran, keluhan bau mulut dikenal dengan istilah halitosis. Masalah ini sangat menggangu karena berdampak tidak menyenangkan ketika harus melakukan interaksi sosial. Pada akhirnya bisa menurunkan rasa percaya diri,” ujar drg David Andreasmito dari Jet-Z Dental Aesthetic Clinic.

David menjelaskan, penyebab bau mulut alias halitosis ada dua, yaitu 80 persen karena permasalahan di rongga mulut dan 20 persen karena masalah pencernaan. Dari sifatnya, bau mulut ada yang bersifat fisiologis (wajar) dan patologis (penyakit). Dia mengatakan, bau mulut yang bersifat fisiologis tidak membutuhkan perawatan khusus. Contoh morning breath, bau nafas saat bangun pagi. Bau nafas yang kurang sedap pada kondisi ini disebabkan tidak aktifnya otot-otot di rongga mulut dan berkurangnya aliran saliva (air ludah) ketika tidur.

”Masalah ini simpel solusinya, yaitu bisa diatasi dengan hanya mengunyah, berkumur atau menyikat gigi,” ujar alumnus Fakultas Kedokteran Gigi Unair Surabaya ini. Sedangkan, bau mulut patologis harus diatasi secara khusus. Tergantung penyebab yang beragam masalah. Antara lain, karang gigi yang bisa timbul akibat pembentukan garam yang disebabkan pertemuan air liur yang bersifat basa dan sisa-sisa makanan yang bersifat asam.

“Kebersihan mulut yang tidak terjaga juga bisa menyebabkan bau mulut. Konsumsi tembakau dan alkohol juga bisa berperan karena zat pada rokok seperti tar dan nikotin bisa menumpuk di dalam mulut dan memicu penyakit periodontal serta bau mulut,” ujar David.

Menurut David, salah satu solusi yang tepat untuk mengeliminasi bau mulut adalah dengan membersihkan karang gigi. Metode pembersihan terbaru bisa dilakukan dengan peralatan canggih dan teknologi mutakhir, yaitu ozonated waterline dan high press water theraphy.

”Dengan teknologi tersebut, pembersihan karang gigi dikombinasi dengan pemusnahan bakteri di sekitar rongga mulut. Terapi ozon ini tidak menimbulkan rasa ngilu atau sakit. Waktunya juga relatif singkat. Masalah bau mulut hilang sekaligus gigi lebih bersih dan cemerlang,” jelasnya. (dio/JPG)

Tinggalkan Balasan