oleh

Cegah Diabetes Selama Berpuasa

bandungekspres.co.id, CICENDO – Selama Bulan Ramadan, beberapa orang mengeluhkan mengalami penyakit akibat berpuasa. Seperti diabetes, darah tinggi dan kolesterol. Hal tersebut disebabkan pola makan yang kurang benar ketika melaksanakan puasa.

Menurut Ahli Gizi Rumah Sakit Hasan Sadikit Bandung, Asep Munawar, itu disebabkan karena asupan makanan di dalam tubuh tidak seimbang. ”Selama bulan puasa, asupan makanan harus sesuai dengan kebutuhan tubuh manusia,” kata Asep kepada saat diskusi di RSHS kemarin (13/6).

Baca Juga:  Perairan Dekat Celukan Bawang, Perkiraan Lokasi Hilangnya KRI Nanggala-402

Asupan makanan saat puasan harus sesuai jadwal, jenis dan jumlah. Untuk jadwal sepertinya tidak menjadi masalah, dia menegaskan, yang menjadi masalah jumlah dan jenis. Di mana kedua hal itu tidak seusai dengan kebutuhan.

Terkadang, jumlah asupan kebutuhan dalam tubuh kurang terpenuhi atau berlebihan. Lalu, jenis makanannya tidak sesuai dengan tubuh. Untuk berbuka, pihaknya menganjurkan asupan makanan jangan terlalu banyak gula.

Baca Juga:  Rencana Revitalisasi Stadion Sangkuriang Masih Belum Jelas, Proses Lelang Belum Beres

Kolak, makanan khas saat berbuka sepertinya tidak harus dikonsumsi terlalu sering. Dalam kolak, ada banyak gula dan karbohidrat yang kebutuhannya melebihi dari kondisi tubuh. ”Kadang-kadang memang karena rasa manisnya itu kita seringkali menyukainya. Bukan tidak boleh dikonsumsi, tetapi jangan terlalu banyak dikonsumsi,” jelasnya.

Di tempat yang sama, spesialis penyakit dalam Dr Miftah mengatakan, adanya puasa melatih menetralkan metabolitik tubuh. ”Dalam keadaan puasa, insulin akan turun dan glukagon akan naik, hal itu akan melakukan pembakaran dalam tubuh,” ucapnya.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga