Memuliakan Masjid

Dengan demikian, yang dimaksud “memakmurkan masjid” adalah membangun dan mendirikan masjid, mengisi dan menghidupkannya dengan berbagai ibadah dan ketaatan kepada Allah I, menghormati dan memeliharanya dengan cara membersihkannya dari kotoran-kotoran dan sampah serta memberinya wewangian.

Bentuk-bentuk Memakmurkan Masjid dan Keutamaannya

Setiap muslim (khususnya kaum laki-laki) wajib memakmurkan masjid-masjid Allah dengan berbagai ibadah dan ketaatan, karena padanya ada keutamaan. Dan Allah menyifati orang-orang yang memakmurkan masjid-masjidNya sebagai orang-orang mukmin, sebagaimana dalam firman-Nya,

”Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. at-Taubah:18)

Masjid dalam kekirian juga bisa dijadikan sebagai tempat berkumpul orang-orang yang baik. Oleh karena itu. Apabila ingin mencari pemimpin yang baik carilah di masjid.

Apabila ingin mencari pasangan yang baik carilah di masjid. Masjid bisa menjadi solusi terbaik untuk mengembalikan jati diri para pemuda dan remaja. Sehingga menjadi pemuda yang kokoh keimanannya dan kokoh profesionalitasnya.

Masjid dapat menjadi tempat untuk melakukan regenerasi kepemimpinan. Di zaman awal Islam, masjid dijadikan sarana untuk melatih dan menggembleng pemimpin umat.

Allah SWT bersabda: kalian punya hak untuk berdiri di masjid yaitu salat. Mengerucut soal keutamana, masjid juga memiliki tiga induk: Yakni, Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsha. Ketika mesjid itu yang paling disucikan Allah SWT.

Satu kali salat di Masjidil Haram sama dengan sholat 100.000 kali di masjid lainnya. Satu kali salat di Masjid Nabawi sama dengan 1.000 kali salat di masjid lainnya. Dan satu kali salat di Masjidil Aqsha sama dengan 500 kali salat di masjid lainnya.

Di balik hal itu, saat  ini Masjid Al Aqsha sedang menderita karena sedang dijajah bangsa Yahudi. Indonesia menjadi pelopor, Jawa Barat Menjadi pelopor termasuk juga Kota Bandung yang mendukung kemerdekaan Palestina, khususnya menjaga Masjid Al Aqsha. Mudah-mudahan keberkahan Masjidil Aqsha bisa menjadi keberkahan buat semua masyarakat Jabar. (tausiah Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Masjid Istiqamah bersama Imam Besar Masjidil Aqsha Syeikh Ikrimah Shabri) (dn/rie)

Tinggalkan Balasan