Kolombia 2 vs 3 Kosta Rika, Perjudian Berujung Bumerang

bandungekspres.co.id – Memulai Copa America Centenario 2016 dengan baik, Kolombia justru menutup laga di Grup A dengan kekalahan. Mereka baru saja ditekuk 2-3 oleh Kosta Rika di NRG Stadium, Houston, Minggu (12/6) pagi WIB.

Akibatnya, Kolombia gagal memastikan status juara Grup A dan harus puas berada di bawah tuan rumah, Amerika Serikat. AS dan Kolombia sama-sama mengoleksi enam poin, tapi beda selisih gol.

Akibatnya Kolombia berpotensi menantang Brasil, yang kemungkinan besar akan menyandang status juara Grup B. Laga ini dipercaya akan menjadi final awal di ajang Copa America Centenario 2016.

Kolombia memang harus membayar mahal putusan tak menurunkan sejumlah pemain kuncinya, seperti David Osipna, Carlos Bacca, dan Jeison Murillo. Mereka juga baru memasukkan James Rodriguez dan Juan Cuadrado pada babak kedua.

Pelatih Jose Pekerman agaknya memilih mengistirahatkan beberapa pilar andalannya karena Kolombia sudah dipastikan lolos ke perempat final. Namun, justru menkadi bumerang bagi nasib mereka,

Usai laga, Pekerman mengaku tak sama sekali meremehkan kemampuan lawannya tersebut. Dengan kepastian tiket ke perempat final yang sudah didapat timnya, Pekerman nampaknya tak ingin mengambil risiko para bintangnya mengalami cedera. Hal ini yang jadi alasan kuat eks pelatih timnas Argentina ini menurunkan para pemain lapis keduanya.

’’Kami memiliki ide awal, tanpa meremehkan Kosta Rika. Tapi kami ingin membuat pertandingan yang baik, dan kami harus belajar dari kesalahan. Secara kolektif ide itu sama dan kami mencari perubahan yang sama di lapangan pertandingan,” ujar Pekerman seperti dikutip Soccerway.

’’Kami tidak bisa terbru-buru menariknya. Taruhannya sangat memiliki risiko untuk beberapa pemain yang kami harap, tidak jadi korban dalam fase ini,” imbuhnya.

Jalannya pertandingan, Kosta Rika unggul lebih dulu lewat gol Johan Venegas saat laga baru berusia dua menit. Gelandang berumur 27 tahun itu mencetak gol indah dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti ke arah tiang jauh Kolombia.

Empat menit berselang, Kolombia berhasil menyamakan kedudukan melalui bek sayap kirinya, Frank Fabra. Gol Fabra juga termasuk mengagumkan. Ia melakukan tusukan ke kotak penalti dan melewati sejumlah pemain Kosta Rika, sebelum menceploskan bola ke gawang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan