Bareskrim Pantau Kesiapan GBLA, Perbaikan Capai 21 Persen

 

bandungekspres.co.id, GEDEBAGE – Renovasi Stadion Gelora Bandung Lautan Api masih belum menunjukkan hasil menggembirakan. Saat ini, perbaikan baru mencapai 21 persen.

Tim ahli teknis gabungan dari Badan Reserse Kriminal Polri memberikan rekomendasi perbaikan 50 item. Angka tersebut merupakan perkembangan dari pemenuhan rekomendasi. ’’Hasilnya belum signifikan. Versi kami, progresnya baru 21 persen,’’ ujar Ketua Tim Ahli Teknis Gabungan Priyo Susilo, di Stadion GBLA, kemarin.

Pemerintah Kota Bandung sudah membentuk tim perbaikan dari berbagai ahli. Sementara Priyo yang merupakan tim ahli yang ditunjuk Bareskrim, memiliki wewenang memantau hasil perbaikan tersebut. ’’Tapi kita apresiasi kinerja tim kontraktor yang sudah melakukan perbaikan penurunan tanah. Ini memang tidak mudah karena selain volumenya yang besar, perlu alat berat yang banyak pula untuk menggenjot pekerjaannya,’’ ucapnya.

Sejauh ini komitmen kontraktor sudah demikian tinggi. Namun karena cakupan perbaikannya yang luas dan relatif tidak ada biaya, membuat progresnya sedikit terhambat.

Janji kontraktor yang klaim selesai perbaikan 4 Agustus mendatang, dinilai Priyo bisa lebih cepat, asalkan dilakukan dengan sungguh-sungguh. Sehingga Stadion GBLA bisa digunakan untuk PON XIX/2016 Jabar, September mendatang. ’’Kalaupun nanti ada protes dari warga, ya diatur baik-baik. Sosialisasi dengan cara yang enak agar warga juga mau mendukung program pemerintah,’’ sahut Priyo.

Pertengahan pekan depan, Bareskrim bakal kembali melakukan uji beban tribun, apakah terjadi ambrol atau tidak. Langkah itu dalam rangka mengukur kapasitas tribun Stadion GBLA. ’’Kalau memang aman ya kita izinkan untuk pembukaan PON. Kalau tidak, ya lihat seberapa besar kapasitasnya, 50 persen atau berapa. Mungkin dengan 20.000 penonton di tribun masih memungkinkan. Karena selama ini belum ada pembukaan PON dengan penonton melebihi 20.000 orang,” tandasnya.

Asisten Sekretaris Daerah II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Jawa Barat Deny Juanda menuturkan, pihaknya mendengarkan perkembangan perbaikan yang dilakukan PT Adhi Karya, selaku kontraktor. Berdasarkan pengakuan PT Adhi Karya, perbaikan sudah melebihi target harian.

PT Adhi Karya menargetkan stadion sudah bisa berfungsi Juli mendatang. Akan tetapi untuk pengecetan hingga perbaikan secara detail baru akan selesai pada 5 Agustus 2016. termasuk akses jalan tol menuju GBLA, diperkirakan akan selesai Agustus.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan