Kucurkan Dana Pembinaan Atlet

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cimahi mengucurkan dana pembinaan atlet kepada 36 cabang olahraga (Cabor) yang terdaftar di KONI Kota Cimahi. Ketua Bidang Organisasi KONI Kota Cimahi, Oland Siswanto mengatakan, ada tiga jenis bantuan yang diberikan kepada 36 Cabor  itu. Yakni, dana operasional Cabor, dana pembinaan prestasi atlet berprestasi dan dana bantuan kegiatan atau event cabor. ”Pencairan dana operasinal dan kebutuhan kantor, ATK dan transport pengurus atau atlet sudah mulai diberikan kepada masing-masing cabor, setelah dilakukan rapat koordinasi dan konsultasi yang kami lakukan bersama  pengurus Cabor, nilainya rata sebesar Rp. 10 juta,” jelasnya di Sekretariat KONI Kota Cimahi, Komplek Kotamas Jalan Kolonel Masturi, Selasa (24/5) kemarin.

Cabor dan KONI harus mempertanggungjawabkan dana bantuan yang berasal dari APBD Kota Cimahi, karenanya dalam rakor dan konsultasi seluruh Cabor diberikan pengetahuan soal pembuatan laporan pertanggung jawaban keuangan yang diterimanya.  Pelaporan keuangan tersebut disampaikan kepada pemerintah melalui KONI Kota Cimahi di akhir tahun anggaran 2016.

Selain itu kata Oland, bagi atlet berprestasi yang pernah membela Kota Cimahi di ajang Porda Bekasi lalu, pihaknya akan memberikan dana pembinaan dan pemeliharaan atlet yang meraih medali emas, perak dan perunggu. ”Pemberian bantuan atau kadeudeuh kepada atlet peraih medali ini sebagai rasa terimakasih dari Pemerintah Kota melalui KONI Kota Cimahi, dengan harapan atlet berprestasi tersebut bisa tetap membela nama Kota Cimahi di Porda berikutnya,” ungkapnya.

Dalam penyelenggaran event yang dilaksanakan oleh Cabor, KONI juga akan memberikan bantuan untuk penyelenggaran event yang digelar Cabor, meskipun jumlahnya masih belum bisa maksimal, tetapi hal ini dilakukan agar pembinaan atlet oleh Cabor bisa terus dilakukan sehingga melahirkan atlet berprestasi.

Menjelang pelaksanaan Porda 2018 di Bogor, pembinaan atlet juga dilakukan sejak saat ini, untuk menghadapi babak kualifikasi Porda masing-masing Cabor. ”Mudah-mudahan apa yang dilakukan KONI Cimahi ini bisa memotivasi lagi kepada para Cabor agar lebih meningkatkan lagi pembinaan atlet di Cimahi,” pungkasnya. (bun/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan