Bank bjb Gelontorkan Dana Rp 6 Triliun untuk UMKM

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (umkm) punya peran penting dan strategis dalam menunjang laju pertumbuhan ekonomi. Dengan alasan itu, PT Bank Pembangunan Daerah Jabar-Banten Tbk atau bank bjb punya komitmen penuh terhadap perkembangan sektor tersebut.

Perbankan yang berkantor pusat di Jalan Naripan Bandung ini memiliki sejumlah program yang berkaitan dengan sektor UMKM. Di antaranya, memberi pendampingan.

”Apa yang kami lakukan sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat, khususnya, sektor UMKM, termasuk mereka yang punya keinginan menjadi pelaku UMKM,” tutur Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan usai Pelatihan Kewirausahaan bersama bank bjb, di Gedong Sabilulungan Soreang, Kabupaten Bandung, kemarin.

”Program kami ini sejalan dengan program pemerintah, yaitu menciptakan dan mengembangkan 100 ribu wirausaha baru,” tambahnya.

Dikatakan, bentuk perhatian bank bjb kepada para pelaku UMKM tidak hanya soal pembiayaan. Akan tetapi, pihaknya pun memberi pendampingan. Satu di antaranya, dalam hal manajerial dan sistem keuangan. Langkah tersebut merupakan upaya bjb untuk meningkatkan daya saing para pelaku UMKM.

Disinggung soal nilai kredit bagi sektor mikro, Ahmaf Irfan mengungkapkan, hingga April 2016, pihaknya menggelontorkan kredit mikro sekitar Rp 4 triliun. Proyeksinya, tahun ini siap mengucurkan dana kresit mikro bernilai Rp 6,4 triliun.

Menurutnya, angka proyeksi kredit mikro senilai Rp 6,4  triliun hingga akhir 2016 termasuk pembiayaan program Kredit Cinta Rakyat (KCR). ”Khusus KCR, sejauh ini, nilainya sejumlah Rp 460 miliar,” ungkap Ahmad Irfan. (rls/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan