Wagub Luncurkan Yel-yel PON

bandungekspres.co.id, TASIKMALAYA – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata memperkenalkan yel-yel terbaru Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XV/2016 Jabar untuk pertama kalinya di hadapan warga Pantai Indah Kabupaten Pangandaran kemarin (15/5).

”PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 punya yel baru. ’Jawa Barat, Jabar Tandang Jabar Menang Hu Ha Hu Ha Hu Ha’ ,” pekik Deddy.

Suasana semakin ramai karena Demiz –panggilan akrab Deddy Mizwar- menyerukan yel itu diikuti dengan gerakan tubuh yang menunjukkan semangat.

Dia mengatakan Ada berapa masukan untuk yel baru itu. Namun setidaknya itu salah satunya yang mewakili. ”Jabar Tandang, Jabar Menang ini juga untuk menambah spirit. Tak hanya kepada atlet, tapi juga Jabar secara keseluruhan,’’ jelas Demiz.

Ketua Panitia Lokal Sosialisasi PON XIX/2016 Pangandaran Deddy Asikin mengatakan, PB PON menetapkan venue cabang olahraga terjun payung dan pacuan kuda di Kabupaten Pangandaran. Penyelenggaraannya akan disinergikan untuk mengangkat potensi pariwisata Pangandaran.

’’Pacuan kuda merupakan olahraga tradisional yang berkebang di kawasan pesisir Pangandaran. Dengan hadirnya arena pacuan kuda di kawasan Lagokjawa, akan menghidupkan kembali potensi wisata olahraga itu,’’ ungkap Deddy.

Pada kegiatan sosialisasi PON dan Peparnas itu, digelar berbagai kegiatan seperti jogging fun dan karnaval Marching Band yang dilakukan dengan berkeliling jalur wisata di kawasan Pangandaran. Maskot PON dan Peparnas 2016, sepasang primata surili yakni Lala dan Lili juga diarak di tengah-tengah masyarakat Pangandaran.

Selain itu, panitia juga menggelar kesenian tutunggulan. Kesenian ini merupakan khas daerah Jawa Barat, yang biasa digelar untuk memberitahukan pertanda akan ada perhelatan atau hajatan akbar agar diketahui masyarakat luas.

’’Semangat tutunggulan ini diharapkan menjadi pertanda bahwa Jabar akan menjadi tuan rumah PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016. Melalui Tutunggulan, kami memberitahukan kepada masyarakat luas,’’ kata Deddy. (dn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan