Akses Menuju Venue Gantole Rusak Parah

bandungekspres.co.id, CIHAMPELAS – Jalan menuju  berlokasi di Kampung Lintang Panggung, RT 01 RW 09, Desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas rusak parah. Jalan yang diperkirakan mencapai 5 kilometer dari Jalan Raya Cihampelas menuju venue gantole kondisinya berbatu, berlubang dan rusak. Selain itu, ruas jalan yang hanya masuk untuk satu mobil menjadi kendala akses menuju venue gantole dalam rangkaian acara Pekan Olahraga Nasional  (PON) XIX/2016 Jawa Barat.

Berdasarkan pantauan Bandung Ekspres ke lokasi, dari pintu masuk kondisi jalan banyak ditemui kerusakan. Tak sedikit, banyak pengendara motor dan mobil yang harus bersabar mengantre lantaran rusaknya jalan dan sempitnya ruas jalan. Tak heran, jika satu mobil saling berlawanan salah satunya harus mengalah lantaran tidak bisa saling berlawanan karena hanya cukup untuk satu mobil.

Salah seorang warga setempat, Aos Komara, 45, menuturkan, hingga saat ini akses jalan menuju venue gantole belum diperbaiki oleh pemerintah. Padahal, jika melihat jadwal pelaksanaan PON tinggal beberapa bulan lagi. ”Memang rusak kondisi jalannya. Padahal, jalan ini merupakan satu-satunya akses yang digunakan baik untuk pelaksanaan PON maupun aktivitas warga seperti pergi ke pasar untuk berbelanja dan berjualan,” kata Aos kepada wartawan ditemui di lokasi, kemarin.

Selain harus diperbaiki, kata dia, pemerintah juga harus memikirkan agar ruas jalan ini diperlebar lantaran jalan saat ini hanya bisa digunakan untuk satu mobil saja. ”Kalau bisa diperluas minimal untuk dua mobil berlawanan bisa masuk. Kalau sekarang sempit sekali,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bandung Barat Yayat T Soemitra yang meninjau langsung ke lokasi venue gantole merasakan akses jalan yang belum maksimal. Bahkan, dirinya mendorong akan mempercepat perbaikan jalan disisa waktu yang hanya tiga bulan menuju pelaksanaan PON.

”Saat ini sudah proses tender tinggal menunjuk pemenangnya. Setelah itu, perbaikan akses jalan ini akan mulai dikerjakan. Kita punya waktu tiga bulan mulai dari Juni, Juli dan Agustus. Karena September sudah masuk pelaksanaan,” ungkapnya.

Posisi Kabupaten Bandung Barat, lanjut Yayat, mempersiapkan beberapa venue seperti gantole, ski air, sepeda, dan berkuda. Pemerintah daerah berupaya terus memaksimalkan agar venue PON bisa selesai tepat waktu. ”Kalau untuk atletnya kan sudah ada perwakilan dari Jawa Barat. Mungkin ada juga perwakilan dari Kabupaten Bandung Barat yang dipilih mewakili Jawa Barat. Tapi, fokus kita lebih kepada venue yang akan digunakan,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan