Titi Rajo Bintang Hidup Prihatin Demi Dewi

TITI Rajo Bintang, 35, membintangi film baru berjudul The Window. Film arahan sutradara Nurman Hakim itu menceritakan perjalanan batin seorang perempuan di tengah hegemoni laki-laki pada masyarakat beradat Jawa.

Titi Rajo Bintang
Titi Rajo Bintang

Mengambil lokasi di Jogjakarta dan Solo, ibunda Miyake Shakuntala tersebut memerankan karakter Dewi, perempuan metropolitan yang kembali ke kampung halamannya setelah 10 tahun dia tinggalkan. Menurut Titi, ada kenangan yang tiba-tiba muncul ketika syuting film itu.

”Saya pernah mengalami hal yang berkaitan dengan ketimpangan antara laki-laki dan perempuan. Perasaan benci terhadap hal tersebut benar-benar saya hidupkan kembali dalam adegan,” kata Titi ketika ditemui Jawa Pos di Kemang, Jakarta Selatan.

Aktris yang juga seorang drumer itu bercerita, mendalami karakter Dewi tidaklah mudah. ”Karena yang harus saya eksplorasi adalah perasaan benci terhadap kenangan dan seseorang,” ujarnya. Supaya bisa ’’merasakan’’ hidup prihatin, di lokasi syuting dia tidur di lantai kotor. Lalu, dia berebut mandi di lokasi syuting bersama para kru lainnya.

Beradu akting bersama aktor Yoga Pratama, Titi semakin merasa perannya lebih sempurna. Membangun chemistry bersama Yoga itu, lanjut dia, gampang dan singkat. ”Aku cuma diajak minum kopi buatannya dan rasa kopinya itu aneh. Enggak bisa dijelaskan,” selorohnya, lalu tertawa.

Bintang film 12 Menit itu rupanya tidak mau terus-menerus berada di depan layar sebagai aktris. Titi kelak ingin juga menjadi sutradara. Mantan istri Aksan Sjuman tersebut bakal memulainya dengan film pendek. ”Kalau langsung layar lebar, belum siap. Apalagi sebagai sutradara baru, kalau film pertama asal-asalan, sangat berbahaya pada film-film selanjutnya,” jelasnya. (dod/c6/jan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan