Liverpool vs Everton, Derby Merseyside Masih Menentukan

bandungekspres.co.id – LIVERPOOL – Derby Merseyside saat ini memang tidaklah sepanas dan sesengit era 80-an, kala John Aldridge menjadi penggawa Liverpool. Namun, derby yang bakal berlangsung dinihari nanti di Anfield tetaplah memberikan dampak luar biasa bagi Liverpool maupun Everton.

”Bagi suporter maupun pemain, derby ini adalah sebuah kebanggaan. Bagaimana Anda bisa mendongakkan kepala di sekolah, maupun di jalan,” ujar Aldridge dalam kolomnya di Liverpool Echo.

Itu juga yang merasuki tacitician Liverpool, Juergen Klopp. Apalagi, ini merupakan derby perdananya sejak menjabat 8 Oktober lalu.

”Ketika kami berada di ruang ganti dan sedikit berdiskusi tentang laga kontra Bournemouth (17/4), aku tidak yakin para pemain mendengarkanku,” ujar Klopp lalu tertawa, dalam wawancaranya dengan Liverpool Echo.

”Mereka lebih fokus memikirkan Everton. Aku tidak masalah dengan itu. Sebab, ya, ini memang keren, sangat menegangkan, sekaligus laga yang juga sangat penting,” imbuh Klopp.

Penting disini harus digarisbawahi. Sebabnya, bagi Liverpool, ini merupakan momen bagus untuk mendekatkan diri dengan West Ham United yang berada di peringkat keenam alias batas terakhir Europa League.

Dengan gap hanya dua poin (53-51), Liverpool pun memiliki kans sangat besar untuk menggeser West Ham dari posisi enam.

Jika saja kedua tim sama-sama meraih kemenangan, maka The Reds, julukan Liverpool, masih bisa menjungkalkan West Ham berkat tabungan satu laga, yakni kontra Newcastle United, Sabtu nanti (23/4).

”Kompetisi paling penting tetaplah Premier League. Karena itu, kami harus menang bagaimanapun kondisinya,” tutur Klopp seperti dilansir Four Four Two.

Melihat peluang saat ini, Liverpool tentu diprediksi bakal meraih poin penuh di Anfield atas rival sekotaya.

Selain meraih modal meyakinkan dengan lima laga tak terkalahkan di semua ajang (tiga menang, dua seri), statistik pertemuan derby juga memihak Jordan Henderson dkk.

Kali terakhir Liverpool harus malu di depan publik sendiri dari Everton adalah kala takluk 0-1, 27 September 1999 silam. Setelah itu, Liverpool mampu meraup tujuh kali menang dan sembilan kali imbang.

Hanya, catatan itu tidaklah membuat Klopp silau. Sebab, dia mengkhawatirkan beberapa kendala yang terjadi jelang pertandingan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan