Pemkab KBB Tawarkan MoU dengan PT KCIC

Diakui Abubakar, memang saat ini PT KCIC masih terfokus pada pembangunan di area yang benar-benar sudah berizin yakni di Perkebunan Teh Mandalawangi Maswati milik PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII. Dari luas total perkebunan teh yang mencapai 2.800 hektar, sebanyak 1.270 hektar di antaranya akan dijadikan untuk pengembangan kawasan lokasi kereta cepat Jakarta-Bandung.

Seperti diketahui, pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 21 Januari 2016. Hal itu ditandai dengan groundbreaking di Perkebunan Mandalawangi Maswati, Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat. Anggaran untuk kereta cepat ini dibiayai secara mandiri oleh konsorsium BUMN Indonesia dan konsorsium China Railways dengan skema business to business. Konsorsium BUMN tersebut antara lain PT Wijaya Karya (Persero), PT Jasa Marga (Persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII berkolaborasi dengan konsorsium China yang mendirikan perusahaan patungan dengan nama PT KCIC.

Pengoperasian kereta cepat ini membutuhkan pasokan listrik sekitar 75-100 megawatt. Untuk itu, rencananya KCIC bekerja sama dengan PT PLN (Persero) dan direncanakan dalam jangka panjang akan membangun power plant sendiri untuk memastikan tidak ada gangguan pasokan listrik saat kereta beroperasi. (drx/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan