Seni Budaya Sunda Meriahkan Milangkala Desa Panundaan ke-52

bandungekspres.co.id, CIWIDEY – Dalam rangka milangkala (Hari Jadi) Desa Panundaan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung ke-52, pemerintah desa menampilkan sejumlah kesenian Sunda kemarin (14/4). Adapun jenis yang ditampilkan di antarayanya karinding, bajidoran, wayang golek dan kesenian buhun lainnya menjadi acara yang dinantikan warga setempat.

pasar rakyat
PASAR RAKYAT: Pasar UKM yang digelar di acara Milangkala ke 52 desa Panundaan diisi oleh sejumlah UKM binaan desa Panundaan, kemarin.

Selain kesenian Sunda, masyarakat penggerak UKM juga menampilkan hasil usahanya. Di antaranya makanan yang berbahan dasar strawberry. Acara yang digelar di Taman Kelinci itu dihadiri ribuan warga masyarakat sekitar, tokoh masyarakat, perwakilan pemerintah Kabupaten Bandung, GM Geo Dipa Energi (Persero) Tripika Kecamatan Ciwidey dan para tamu undangan.

Alhamdulillah acara ini baru pertama kalinya kami laksanakan secara meriah. Hal ini terlaksana berkat gagasan kepala Desa Panundaan yang didukung pemerintah kabupaten serta para pengusaha yang ada di lingkungan pemerintahan Desa Panundaan,” jelas Mastur Hambali SPdi yang didampingi Deni Romero, Ketua Panitia acara kepada Bandung Ekspres di Taman Kelinci, Ciwidey, kemarin.

Menurutnya, kegiatan ini akan menjadi acuan para generasi muda Panundaan. Karena kegiatan itu mengacu kapada visi misi ’Kepala Desa Nyunda, Nyakola dan Nyeni’. Selain sesuai dengan program pemerintahan desa, kegiatan itu merupakan ciri dalam mengenang para orang terdahulu yang mencintai desa, kesenian dan budaya di Desa Panundaan.

Acara serupa akan rutin dilaksanakan, karena hal tersebut mendapat support dari kepala desa dan pengusaha yang berada di wilayah tersebut. ”Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah mendukung terlaksananya kegiatan milangkala desa ini. Khususnya kepada pihak PT Geo Dipa Enrgi Unit Patuha,”katanya.

Kepala Desa Panundaan Asep Ma’mun mengatakan, kegiatan tersebut terlaksana berkat kebersamaan antara pemerintahan desa, warga, semua tokoh dan para pengembang usaha yang berada di lingkungan Desa Panundaan. Selain itu, juga mendapat dukungan pemerintah Kabupaten Bandung, Polres Bandung, Dandim 0609, Geo Dipa Energi (Persero).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan