Pengendara Motor Tertimbun Longsor

bandungekspres.co.id, LEMBANG – Tebing setinggi 15 meter ambrol dan menutup Jalan Ciputri di Desa Langensari Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat kemarin (7/4). Longsoran tanah ini terjadi diduga akibat dampak gempa berkekuatan 6,1 skala richter yang terjadi di Garut pada Rabu (6/4) malam. Longsoran tanah yang menutup jalan ini dikabarkan menimbun seorang pengemudi motor yang pada saat kejadian melintasi jalan tersebut karena ketebalan tanah mencapai empat meter.

Longsor Jalan Ciputri
HENDRIK KAPARYADI/BANDUNG ESKPRES
 BERSIHKAN LONGSORAN: Sejumlah warga dibantu aparat TNI/Polri menyingkirkan material tanah yang menutupi akses Jalan Ciputri di Desa Langensari Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat kemarin (7/4).

Namun setelah 7 jam jalan dievakuasi dari timbunan tanah, dugaan itu tersebut ternyata salah. Tapi akibat kejadian ini, untuk sementara jalan tidak bisa dilalui kendaraan karena sisa longsoran bisa menyebabkan kecelakaan lantaran licin. Ditambah, curah hujan yang masih tinggi bisa menimbulkan retakan tanah yang semakin besar.

Suherman Arda, 35, salah seorang warga sekitar mengungkapkan, longsor terjadi sekitar pukul 08.00 WIB ketika jalan alternatif Bandung-Subang ini ramai dilalui kendaraan bermotor. Ketika tanah longsor, jalan di area tersebut langsung tertimbun tanah. ”Ketika subuh jalan masih dapat dilalui. Kemungkinan paginya baru longsor ini turun,” ungkap Suherman kepada wartawan di Lembang kemarin.

Sulitnya alat berat yang didatangkan ke lokasi menjadi kendala evakuasi berjalan lambat karena warga yang dibantu aparat TNI/Polri hanya dapat menggunakan cangkul untuk menyisihkan tanah dari badan jalan. ”Akhirnya kita lakukan pembersihan bersama-sama menggunakan alat seadanya karena memang untuk memasukan alat besar sulit aksesnya,” paparnya.

Longsor di wilayah ini baru pertama kali terjadi, selain karena gempa, longsor juga disebabkan oleh tingginya curah hujan. Warga selalu melewati jalan ini karena memang aktivitas setiap harinya melalui jalur ini. ”Kemungkinan longsor susulan masih bisa terjadi apabila hujan deras kembali mengguyur wilayah ini,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Camat Lembang, Endang Hadiat juga membenarkan longsor di Jalan Ciputri ini disebabkan oleh efek getaran gempa Garut yang terasa sampai ke Lembang. Untung, kata dia, kejadian ini tidak mengakibatkan korban jiwa. ”Memang gempa semalam ini terasa ke Lembang. Bisa saja longsoran ini akibat gempa tersebut,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan