UNBK Cirebon Kena Hack

Menurut Totok kisi-kisi unas model lama begitu runcing. Hampir mendekati wujud butir soal ujian. Sehingga bimbingan belajar (bimbel) bisa membuat prediksi soal unas berdasarkan kisi-kisi tersebut.

Dengan model kisi-kisi unas yang baru itu, siswa mempelajari bahan pelajaran secara utuh dalam satu kurikulum penuh. Siswa tidak dibiasakan dengan belajar mengerjakan butir-butir soal ujian. Sehingga ketika ada pengubahan sedikit saja, siswa kebingungan.

Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Zainal Abidin Hasibuan menuturkan secara acak selama dua hari kemarin dia bertanya ke siswa tentang tingkat kesukaran soal ujian. ’’Siswa menunjukkan ekspresi yang santai. Tidak tegang,’’ kata kepala otoritas penyelenggara unas itu.

Zainal juga menegaskan tidak ada kebijakan menurunkan kualitas unas. Meskipun unas tidak menjadi penentu kelulusan, standar kualitasnnya tetap kita jaga. Revisi hanya dilakukan saat membuat kisi-kisi ujian saja. ’’Kisi-kisi unas sekarang dibuat agak melebar. Tidak membuat siswa learning to test tetapi learning to understanding,’’ kata pria yang akrab disapa Ucok itu.

Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud Nizam membeber perkembangan pelaskanaan unas hari kedua. Dia mengatakan pengaduan yang masuk ke mejanya kebanyakan berisi kata-kata positif. Meskipun begitu dia mengatakan ada sedikit gangguan di sejumlah sekolah di Bangka Balitung. Sehingga ada sekitar 40 anak di Bangka Belitung yang dipastikan menjalani ulangan susulan pekan depan.

’’Jangan dibayangkan mereka lantas stress karena ulangannya ditunda,’’ tutur Nizam. Dia mengatakan anak-anak itu malah mengaku senang, karena ada waktu lagi untuk belajar lebih dalam lagi. Guru besar Fakultas Teknik UGM itu menjelaskan ujian susulan bagi siswa yang mengalami kendala unas berbasis komputer (UNBK) diambil karena siswa tidak boleh dirugikan.

Dia juga menuturkan di Jakarta ada dua SMK yang komputernya mendadak logout sendiri. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata komputer itu logout otomatis karena lama dalam posisi diam tidak diotak-atik. ’’Mungkin ditinggal berdoa atau pengarahan-pengarahan,’’ jelas Nizam. Maslaah logout sendiri ini bisa diatasi dengan cara login kembali. (ysf/wan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan