Diserbu Suporter Tamu dari 4 Kota, Jakarta Siaga Satu

bandungekspres.co.id – Ibu kota Jakarta hari ini mendadak siaga satu. Sekitar 11 ribu personil Polda Metro Jaya akan dikerahkan untuk  pengamanan pertandingan final dan perebutan juara ketiga, Piala Bhayangkara 2016 yang akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Ketua Organization Committe Piala Bhayangkara Inspektur Jenderal Condro Kirono mengatakan, jika personil kepolisian yang akan turun sebesar 11 ribu untuk pengamanan hari ini. ’’Jumlah ini bisa bertambah mencapai 15 ribu jika dibutuhkan,” ujarnya.

Menurut dia, jumlah itu untuk memastikan laga puncak helatan Polri ini berjalan lancar, baik di dalam maupun di luar lapangan. Sebab, Jakarta bakal kedatangan tamu suporter dari empat kota, yakni Malang, Bandung, Palembang, juga Bali. ’’Sebenarnya bukan dari empat kota itu saja. Sebab banyak suporter dari empat klub yang berdomisili kota lain juga,” terang dia.

Menurut Condro, personil yang turun sejatinya tidak hanya 11 ribu saja. Pasalnya, dari setiap wilayah asal supporter, Polda setempat juga memberikan pengamanan. Itu masih ditambah dengan pengamanan estafet di setiap wilayah yang dilewati kelompok suporter. ’’Di setiap rombongan pasti ada pengamanan. Begitu pula dengan Polda yang wilayahnya terlewati bus supporter, harus mengawal baik melekat maupun estafet. Kami sudah melakukan kordinasi, Kamis (31/3) lalu,” papar dia panjang lebar.

Menurut dia, laga final malam hari ini rencananya akan dihadiri juga oleh Presiden Joko Widodo. Yang kemungkinan akan datang ketika penutupan acara atau di match kedua antara Arema melawan Persib Bandung.

Direktur PT Gelora Tri Semestar sebagai pelaksana turnamen, Joko Driyono mengatakan, supporter diharapkan bisa menjaga ketertiban. Terutama untuk Aremania pendukung setia Singo Edan dan Bobotoh, suporter Persib Bandung.

Salah satu alasannya, kedua kelompok supporter ini berpeluang mendapatkan titel sebagai supporter terbaik dalam turnamen. ’’Banyak sekali penilaiannya. Termasuk bisa menjaga kekondusifan di dalam maupun di luar lapangan,’’ papar dia.

Hadiah uang tunai sebesar Rp 100 juta kepada peraih gelar supporter terbaik. Sehingga, keamanan di partai puncak juga merupakan kewajiban yang mesti dijaga oleh Aremania maupun Bobotoh. ’’Dukungan di dalam lapangan dan antusias juga masuk dalam aspek penilaian,’’ tambahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan