Laga Final Coppa Italia Rugikan Gli Azzurri

Sebagai pelatih timnas Italia yang bakal berlaga di Euro, Antonio Conte tentu harus memersiapkan jadwal dengan sebaik-sebaiknya dalam dua bulan mendatang, jika ingin Italia bisa berprestasi setinggi mungkin pada ajang empat tahunan di Eropa itu.

Nah, bagi Conte, jadwal yang sudah disusun itu tidak akan banyak berarti jika saja liga tidak mendukung.

Salah satunya dengan memindahkan laga final Coppa Italia antara AC Milan kontra Juventus di Olimpico, 21 Mei mendatang.

Conte berpendapat, laga final itu bakal merugikan segala sesuatu yang sudah dirancangnya.

Jika menilik jadwal Gli Azzurri, julukan Italia, di Wikipedia, Gianluigi Buffon dkk masih memiliki dua jadwal uji coba lagi.

Yakni melawan Skotlandia di Ta;Qali, Malta (29/5), serta Finlandia di venue yang belum ditentukan (6/6).

Sang allenatore memperhitungkan, dengan laga final yang berlangsung 21 Mei itu, maka otomatis skuadnya hanya mendapat jatah libur 2-3 hari sebelum kembali berkumpul.

Di jadwalnya, Conte berniat untuk memberikan libur sepekan penuh agar para pemainnya, terutama yang berasal dari Milan dan Juve, agar kembali segar.

Sebab, jika kurang dari itu, dia khawatir para pemain bakal mengalami cedera akibat masih kelelahan selepas final Coppa. ”Aku berharap, liga mau mengerti dengan memajukan jadwal final Coppa Italia,” paparnya kepada Football Italia.

Sayang, keinginan Conte tersebut bertepuk sebelah tangan. Presiden FIGC (Federasi Sepak Bola Italia) Carlo Tavecchio mengatakan, jadwal itu sudah tidak mungkin diubah lagi.

Sebab, Presiden Italia, Sergio Mattarella, berniat menghadiri laga final itu. Dan di sela-sela menonton, Mattarella bakal berdiskusi dengan pemimpin umat Katolik dunia, Paus Fransiskus.

Pernyataan Tavecchio itu juga diperkuat oleh ucapan Presiden Lega Serie A, Maurizio Beretta.

”Dengan segala hormat, kami harus menjelaskan bahwa jadwal ini sudah kami buat setelah berdiskusi dengan federasi seluruh dunia,” kata Beretta. ”Malah, Belgia masih harus menggelar playoff. Jadi, aku rasa jadwal kami masih relevan,” paparnya,

Perkataan Beretta ini pun tak pelak membuat Conte kecewa. ”Selama ini, mereka selalu berbicara mengenai perlindungan pemain dari cedera dan sebagainya ketika memerkuat timnas. Namun, itu tidak pernah terjadi,” ketusnya. (apu/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan