Conte Coba Formasi Baru Biru Langit

Sebanyak 27 pemain timnas Italia berkumpul di markas latihan tim di Coverciano sejak dua hari lalu. Mereka bersiap menjalani laga uji coba melawan Spanyol (25/3) dan Jerman (29/3). Namun, perubahan cepat harus dilakukan oleh allenatore Italia Antonio Conte yang kehilangan tiga pemain: Andrea Barzagli (bek), Marco Veratti (gelandang), dan Ciro Immobile (striker).

Grafis-Formasi-Italia_Jawa-Pos -Barzagli mengalami cedera otot pahanya ketika melakoni latihan perdana Senin (21/3). Tim dokter mengonfirmasi bahwa bek 34 tahun itu tidak akan bisa bermain. Karena itu, Barzagli dikirim kembali ke klubnya, Juventus, untuk menjalani pengobatan.

Cederanya Barzagli menjadi pukulan telak bagi Conte. Sebab, sebelumnya, Italia juga kehilangan Giorgio Chiellini yang absen ssejak Februari karena masalah di betis. Barzagli, Chiellini, dan Leonardo Bonucci adalah kunci utama Conte ketika menerapkan formasi 3-5-2 yang selama ini menjadi pakem andalannya. Conte pun langsung mengisi posisi Barzagli dengan memanggil bek Juventus lainnya, Daniele Rugani.

Di lini tengah, Veratti sejatinya digadang-gadang untuk menjadi starter saat Italia meladeni Spanyol di Stadion Friuli, Udine. Namun, dokter tim Italia Enrico Castellaci akhirnya memutuskan untuk memulangkan Veratti ke klubnya, Paris Saint-Germain.

”Selama ini dia selalu menggunakan pereda nyeri di tulang pubic pada pangkal pahanya. Karena itu, gerakannya menjadi terbatas,” kata Castellaci dalam situs Gianluca Di Marzio.

Tanpa Veratti, ditambah dengan masuknya Rugani, Conte bakal melakukan beberapa perubahan, terutama dari segi formasi. Selama ini formasi 3-5-2 selalu menjadi favorit allenatore 46 tahun tersebut. Baik ketika masih membesut Juventus maupun saat menangani timnas selama dua tahun ini.

Ketika menggunakan 3-5-2, Veratti dan Andrea Pirlo menjadi pilihan utama di lini tengah. Keduanya jeli membaca dan mengatur ritme permainan. Dua gelandang lainnya ditempati oleh Claudio Marchisio dan Alessandro Florenzi. Nah, ketika Veratti absen dan Pirlo tak dipanggil, Conte akan lebih menggenjot eksplosivitas lini depan dengan memasang tridente pada formasi 3-4-3.

Itu adalah formasi yang baru pertama kali digunakan oleh pelatih yang akan menangani Chelsea musim depan tersebut. Yakni, memasang Graziano Pelle sebagai striker utama dan diapit oleh Florenzi serta Stephan El Sharaawy di sektor flank.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan