P3SON Hambalang Disiapkan Multifungsi

bandungekspres.co.id – Proyek Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sarana Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang kembali dalam kajian pemerintah. Rupanya pemerintah kembali menginginkan untuk melanjutkan pembangunan proyek triliunan rupiah tersebut. Tujuannya nanti diharapkan bisa multifungsi digunakan untuk pendidikan dan pelatih olahraga di Indonesia.

Kemarin (18/3), Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menpora Imam Nahrawi dan Menteri PU-PERA Basuki Hadimuljono meninjau langsung lokasi proyek yang harus terhenti sejak 2012 lalu karena kasus korupsi. Dalam pantauan Jawa Pos (induk Bandung Ekspres) hingga kemarin, kondisi bangunan mengenaskan.

Rumput ilalang, kerusakan sejumlah bangunan terutama dibagian pintu kaca dan longsor di beberapa sisi menjadi pemandangan jelas di Hambalang. Belum lagi akses jalan yang minim memperlihatkan bahwa Hambalang butuh sentuhan ekstra besar untuk diselesaikan. Ini mengisyarakatkan bahwa proyek ini harus segera dicarikan solusi.

Tetapi, Imam memiliki pendapat yang lebih bijak. Menteri asal Bangkalan itu menegaskan bahwa proyek ini harus tetap dilanjutkan. Alasan logisnya, atlet Indonesia membutuhkan lokasi sentralisasi latihan yang representatif untuk mendukung program latihan mereka.

”Tentunya, dilanjutkan atau tidak itu bergantung kepada Pak Presiden,” terang Imam kepada wartawan kemarin.

Sedangkan Presiden Jokowi mengatakan bahwa untuk menentukan langkah selanjutnya dirinya masih akan menunggu kajian dari tim Litbang Kemenpupera terkait lokasi Hambalang.

Ini berkaitan langsung dengan tanah yang diduga labil di daerah Hambalang hingga konstruksi bangunan yang dirasa perlu ditinjau lagi. ”Struktur bangunan harus dicek lagi,” kata Jokowi. Dia enggan mendapati bahwa saat melanjutkan setelah selesai nanti diketahui tidak sesuai dengan kebutuhan konsturksi.

”Misalnya pondasi yang seharusnya tiga meter hanya satu meter,” urainya.

Tetapi secara umum Presiden Jokowi memang meminta supaya Menpora untuk menyiapkan solusi detail terkait masa depan Hambalang. Rencana digunakan sebagai Perguruan Tinggi khusus olahraga atau hanya sebagai pemusatan latihan bahkan kombinasi keduanya juga menjadi pertimbangan. ”Mari kita selamatkan asset negara,” sebutnya.

Imam enggan memberikan kepastian kapan pembangunan P3SON Hambalang akan dilanjutkan. Hanya, politisi Partai Kebangkitan Bangsa itu memberikan sinyal bahwa setidaknya sebelum Asian Games 2018 sudah ada keputusan dan tindak lanjutnya terkait Hambalang.

Tinggalkan Balasan