Tampilkan Sisi Keindahan Bandung

bandungekspres.co.id – Sebanyak 50 buah foto bertajuk ’Bandung Corner’ menghiasi ruang lobi Novotel Hotel Bandung. Foto diambil kebanyakan dari berbagai sudut Bandung dalam kurun waktu dua tahun lalu dan terakhirnya potret Gerhana Matahari Total (GMT) di Gunungbatu, Kecamatan Lembang, belum lama ini.

Foto tersebut merupakan pameran tunggal dari salah satu wartawan foto Dudi Sugandi. ”Saya bersyukur sekali beberapa pihak yang datang takjub dengan hasil foto saya. Padahal foto yang saya pamerkan hanya satu pertiganya,” kata Dudi kepada Bandung Ekspres saat ditemui di Novotel Hotel kemarin (14/3).

Sebelum menggelar pameran, dirinya telah menyediakan 162 buah foto. Akan tetapi yang dipamerkan hanya 50 buah foto. Hal tersebut karena 50 foto yang dipamerkan sudah mewakili tentang Bandung. Dirinya yang berprofesi wartawan foto, rata-rata foto yang diambil berdasarkan pendekatan jurnalis.

Meski demikian, untuk pameran saat ini lebih bertema viktoral tentang foto indah. Walaupun rata-rata foto yang dipamerkan terdapat dapat unsur-unsur human interest. Selain itu, kebanyakan foto before-after. Dirinya sengaja mengambil foto tersebut untuk refleksi.

Bagaimana kilas balik tentang Bandung itu selama dua tahun. Foto yang saya pamerkan ini selain memberikan keindahkan terdapat nilai edukasi dan informasi.

Diakui olehnya, tujuan utama dari pameran memang sebagai refleksi. ”Apalagi sebagai wartawan terdapat tanggung jawab sosial terdapat Kota Bandung yang setiap harinya mencari foto,” katanya.

Menurut pria yang sudah 26 tahun menggeluti foto, pihaknya melaksanakan pameran karena ada banyak teman-teman yang mendorong pameran. Ketika pihaknya memposting beberapa foto di sosial media, ada banyak teman yang berkomentar untuk segera dapat memamerkannya.

”Kebetulan beberapa waktu yang lalu, pihak Novotel menawarkan untuk menggelar pameran yang sekaligus memperingati earth day. Jadi kita melakukan pameran,” ungkapnya.

Dari 50 buah foto yang diambil memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. Walaupun begitu, pihaknya merasa puas dengan apa yang didapat. (nit/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan