Rio Menatap Race Pertama

Pemerintah Tetap Turun Tangan Bantu Rio

bandungekspres.co.id – Predikat sebagai pembalap Formula 1 (F1) tak melunturkan sikap santun dalam diri Rio Haryanto. Potret kesantunan pemuda asal Solo itu terlihat saat bertemu Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Situasi yang sama juga terlihat saat dia datang dalam konferensi press di Gedung Pusat Pertamina Jakarta, kemarin (14/3)

Rio memang menyempatkan pulang ke Indonesia untuk sekadar ”berpamitan” kepada pemerintah dan awak media di Jakarta. Tadi malam sekira pukul 22.45, dia dan timnya bertolak menuju Melbourne untuk mempersiapkan race pertama dia di ajang F1. ”Semua persiapan dan hasil pre tes di Barcelona terus kami evaluasi, Setiap harinya ada improvement,” terang pemuda asal Solo tersebut.

Terkait kendala teknis, Rio memang berupaya untuk terus beradaptasi dengan mobil baru Manor Mercedes, MRT05. Demikian pula dengan komposisi penggunaan ban yang terus diformulasikan supaya klop dengan setiap race yang dijalani Rio.

Seri perdana F1, di Melbourne Grand Prix Circuit akan menjadi pembuktian buat Rio kepada dunia bahwa pemuda Indonesia juga bisa tampil membanggakan di pentas jet darat dunia itu. Meski enggan mematok target, tampil di ajang F1 sudah dinanti putra pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati tersebut.

”Saya menjalani karir sejak usia 6 tahun, sekarang saya 23 tahun,” ucapnya. Artinya sudah 17 tahun Rio meniti karir dari usia belia hingga matang dan siap tampil di F1. Dia juga menjadi representasi perdana buat Indonesia di ajang balap yang melahirkan bintang besar seperti Michael Schumacher, Lewis Hamilton hingga Nico Rosberg.

Tetapi hal besar yang menjadi beban diakui Rio adalah menghadapi diri dia sendiri di atas mobil MRT05. ”Saya ini orangnya suka kompetisi, jadi tantangannya harus bisa berprestasi,” urainya. Dia cukup paham bahwa kondisi Manor adalah tim inferior ketimbang raksasa F1 seperti Ferrari atau Mercedes.

Namun, dia yakin bisa memberikan kontribusi untuk mengangkat timnya dari status tim papan bawah. ”Betul, memang dengan mesin baru, banyak progres dari musim lalu,” ujarnya. Hanya, Rio berharap bisa memberikan surprise dalam seri perdana F1 yang diikuti dia akhir pekan ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan