oleh

Longsoran Tanah Tutup Akses Jalan‪

bandungekspres.co.id – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Bandung Barat membuat jalan penghubung antara Kampung Kidangpanajung dengan Kampung Lembang, Desa Mukapayung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat tertutup longsor sejak Sabtu (12/3) sekitar pukul 22.00 sampai Minggu (13/3) pagi. Material longsor menutup badan jalan sepanjang kurang lebih 30 meter. Ketebalan material longsor berkisar antara 1 sampai 3 meter. Untuk membersihkan badan jalan dilakukan secara manual dengan melibatkan 60 orang warga dibantu unsur Muspida Cililin, aparat desa, dan BPBD Kabupaten Bandung Barat.

Informasi yang dihimpun, longsor yang menimbun badan jalan berasal dari tebing setinggi 15 meter di Kampung Ranca Peundeuy RT 3/9. Saat kejadian berlangsung tidak ada orang yang melintas. Erlan Karyana, 52, salah seorang warga setempat mengungkapkan, kejadian ini menutup jalan sehingga akses masyarakat terganggu. Untungnya, secara bergotong royong masyarakat melakukan bersih-bersih secara manual. ’’Hujan deras turun sejak Sabtu sore membuat tebing di Ranca Peundeuy longsor. Jalan ini merupakan salah satu jalur alternatif ke Cipatik, Cihampelas. Memang masih menggunakan jalur lain tapi lebih jauh,’’ katanya.

Pembersihan badan jalan memakan waktu hampir tujuh jam. Itu pun tidak semua material longsor dapat disingkirkan, hanya untuk membuka jalan agar bisa dilalui sepeda motor. ’’Yang penting saat ini akses jalan sudah kembali terbuka. Kita harapkan ada penanganan dari pemerintah ke depan agar longsoran seperti ini tidak lagi terjadi,’’ ungkapnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.