Permudah Pencari Kerja, Pemkot Bandung Buat Website Khusus

bandungekspres.co.id – Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), membuat website khusus yang menampung segala informasi detail dan update terkait pekerjaan yang tersedia di Kota Bandung. Hal ini untuk mempermudah masyarakat dalam mencari lowongan kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung Tono Rusdiantono mengatakan, saat ini informasi lowongan kerja via online memang sudah ada di situs milik Disnaker Kota Bandung. Namun demikian, belum terlalu fokus dan mendetail akan info tersebut. Dengan dibukanya lowongan secara update, diharapkan akses mendapatkan informasi tentang pekerjaan akana semakin lebih mudah dimanapun berada.

’’Biasanya untuk informasi lowongan pekerjaan disampaikan di website Disnaker. Dengan dibuatnya website ini, kita akan lebih fokus lagi khusus untuk lowongan kerja,’’ katanya kepada wartawan kemarin (10/3).

Tono mengungkapkan, pada 2015 Kota Bandung mengalami perbaikan ekonomi yang cukup baik. Tentu kondisi ini berdampak positif pada pengurangan jumlah pengangguran yang semula mencapai 10 persen kini turun menjadi 8 persen. Adapun jumlah pengangguran Kota Bandung diperkirakan 95 ribu jiwa atau 8 persen dari jumlah penduduk Kota Bandung.

’’Mengingat masih tingginya jumlah pengangguran di Kota Bandung, berbagai upaya kami lakukan untuk menekan jumlah tersebut,’’ ungkap Tono.

Tono menjelaskan, selain situs khusus lowongan kerja, pihaknya juga berencana memberi kemudahan informasi lowongan kerja lewat sistem SMS gateway. Di mana dengan sistem ini, nantinya pesan lowongan kerja akan langsung masuk ke ponsel warga Kota Bandung tanpa harus membuka situs internet terlebih dahulu.

’’SMS gateway merupakan sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan atau menerima pesan. Sistem ini biasanya digunakan pada aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi, atau servis informasi,’’ jelasnya.

Lebih lanjut Tono menegaskan, mengenai realisasi sistem website tersebut, memang waktu peluncurannya belum bisa dipastikan. Tapi dalam waktu dekat ini pihaknya berharap masyarakat Kota Bandung akan segera bisa merasakan manfaatnya.

’’Dengan demikian warga Kota Bandung bisa lebih mudah dalam mencari informasi tentang lowongan pekerjaan,’’ pungkasnya. (dn/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan