Kota Bandung Raih Bhakti Yudha Brama Jaya

Dalam kesempatan sama, Wakil Wali Kota Bandung memberikan paparan best practice pencegahan dan penanggulangan kebakaran, khususnya di Kota Bandung.
Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial menjadi pembicara mewakili Kota Bandung bersama dua kota lain dari Surabaya dan Kabupaten Siak, dengan mengusung tema ’Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Pengurangan Resiko Kebakaran di Kabupaten dan Kota’.
Kegiatan yang berlangsung di sela rakornas tersebut merupakan bagian dari Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran ke- 97, dan diikuti dinas pemadam kebakaran seluruh Indonesia.
Dalam diskusi panel yang dimoderatori oleh Prof. Suprapto, Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial memaparkan strategi penanggulangan bencana kebakaran khususnya di Kota Bandung.
Oded mengungkapkan hal-hal yang menjadi strategi pemerintah dalam penanggulangan bencana kebakaran, di antaranya mengoptimalkan peran pemerintah internal di wilayah kota, juga wilayah perbatasan khususnya seputar Bandung Raya.
’’Pemkot Bandung menjalin hubungan baik dengan wilayah tetangga, sehingga ketika ada bencana kebakaran di wilayah kota Bandung, pemadam kebakaran dari kabupaten/kota lain datang dan saling membantu,” papar Oded.
Oded mengutarakan, ada lima hal yang dapat meningkatkan peran dinas kebakaran. Yaitu, menerapkan tiga pilar inovasi, desentralisasi dan kolaborasi, serta meningkatkan koordinasi antar lembaga, sistem komunikasi, proses penyuluhan, dan menjalin silaturahmi dengan wilayah perbatasan.
Oded menambahkan, beberapa hal sistem komunikasi dan koordinasi dalam penganggulangan bencana lewat Bandung Command Centre (BCC) yang terkoneksi hingga ke ke wilayah kecamatan, merupakan upaya yang sudah dan terus dilaksanakan.
Hal itu terbilang efektif, sambung Oded, terutama melalui pemberdayaan motor-motor penyiram tanaman di kewilayahan, yang juga dapat difungsikan menjadi alat pemadam pertama. ’’Sarana tersebut mampu menjangkau wilayah yang sulit diakses. Maka, belakangan menjadi solusi alternatif,’’ imbuh Oded. (edy)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan