Kalijodo Disulap Jadi Taman Cantik

Bakal Lebih Bagus dari Monas

bandungekspres.co.id– Seperti apa wujud kawasan hitam Kalijodo diratakan dengan tanah. Rupanya Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, sudah membuat desain arsitektur yang cantik untuk calon Taman Kalijodo.

Yang jelas jika desain tersebut nanti terwujud, Taman Kalijodo tak kalah dengan Taman Monumen Nasional (Monas). Alias akan menjadi magnit baru bagi warga Ibu Kota untuk berkunjung ke sana.

Yang jelas, nantinya Kalijodo bukan lagi sebagai sarana ”ajeb-ajeb” atau tempat maksiat yang membuat pengunjung mabuk kepayang. Seperti sopir maut Fortuner yang menabrak dua motor yang menewaskan sepasang suami istri di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat usai berkunjung ke kawasan hitam tersebut.

Sebaliknya, berkunjung ke Taman Kalijodo nantinya akan membuat jasmani dan rohani segar bugar. Sebab, selain didesain dengan konsep taman yang indah, juga akan disediakan beberapa sarana olahraga.

Keberadaan Taman Kalijodo akan sedikit mewujudkan mimpi mantan Pangdam Jaya kala itu, Letjen TNI Agus Sutomo, yang saat ini menjadi Komandan Kodiklat TNI AD. Agus mengerahkan pasukannya untuk membersihkan Kali Ciliwung dan berangan-angan menjadikannya seindah Sungai Han di Korea Selatan.

Sedangkan Kalijodo beradai di tepi Banjir Kanal Barat (BKB) yang merupakan terusan dari Ciliwung. ”Pengelolaan Taman Kalijodo akan seperti Monas,” ungkap Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, Ratna Diah Kurniatisaat dihubungi via ponselnya.

Menurutnya, warga bebas berkunjung tanpa dikenakan tiket masuk. Untuk parkir, pengunjung tidak perlu bingung. Sebab kolong tol yang berlokasi di seberang Kalijodo yang saat ini turut diteribkan dari bangunan liar rencananya sebagai sarana parkir.

Namun konsep tersebut belum matang. ”Untuk parkir masih dipikirkan lagi,” ungkapnya. Menurut Ratna juga, Taman Kalijodo akan berdiri di lahan seluas 4 hektare. Yakni terdiri dari sekitar 3,5 hektare beradai di wilayah Jakarta Utara dan sisanya sekitar 0,5 Ha di wilayah Jakarta Barat.

”Fasilitas yang dapat dikembangkan di Taman Kalijodo antaralain, entrance gate, amphitheater, pedestrian way, sitting srea, fountain children play ground, picnic area, futsal area, skateboard park, dan forest sclupture,” ungkap Kepala dinas yang mengaku masih cuti saat diwawancara wartawan koran ini.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan