Kekalahan yang Indah

Kedua, makin banyaknya pilihan line up. Bukan hanya mengandalkan 15 pemain regular yang mencatat 10 caps lebih, bisa ada 10 pemain muda yang siap memenuhi kebutuhan Klopp untuk berlaga di tiga ajang tersisa, Premier League, Europa League, dan Piala Liga.

Dari 10 pemain muda itu, enam di antaranya dimainkan dalam laga kemarin. Di antaranya Thiago Ilori, Jon Flanagan, Brad Smith, Kevin Stewart, Joao Carlos Teixeira, dan Pedro Chirivella. Itu belum termasuk Jose Enrique, Cameron Brannagan, Sheyi Ojo, dan

Semakin banyaknya opsi bagi Klopp itu juga ditandai dengan kembalinya Daniel Sturridge dan Divock Origi. Sturridge comeback setelah absen sejak 6 Desember karena cedera hamstring. Sementara Origi dengan cedera yang sama sebulan terakhir ini absen dari line up Liverpool.

Sturridge dan Origi bisa jadi opsi ketika Christian Benteke sudah tidak dipercaya lagi dalam starting eleven. ’’Termasuk dengan kembalinya Coutinho. Ini kabar bagus bagi kami. Namun, butuh konsistensi lagi untuk tetap bertahan dalam line up,’’ tutur der trainer yang musim lalu menangani Borussia Dortmund itu.

Di balik kekalahan kemarin, Liverpool lebih dominant dari West Ham. Statistik Soccerway menyebut, Liverpool unggul penguasaan bola dengan 51 persen. Kemudian dari sisi jumlah serangan pun 12 shots Liverpool lebih baik dari West Ham yang hanya bisa melakukan sembilan shots.

Bedanya, Dimitri Payet dkk bisa memanfaatkan peluang lebih bagus. Efektivitas serangan West Ham mencapai 44,4 persen. Lebih bagus dari Liverpool yang hanya 41,6 persen. Efektivitas itulah yang membuat West Ham mencatatkan kemenangan ketiga atau triple KO-nya musim ini.

Sebelum kemenangan ini, West Ham sudah dua kali mengalahkan Liverpool di Premier League home dan away. Menang 3-0 di Anfield (29/8), West Ham menghajar Liverpool dua gol tanpa balas di Upton Park (2/1). ’’Ini sejarah terbaik West Ham atas Liverpool,’’ klaim pelatih West Ham, Slaven Bilic.

Dengan kemenangan ini, maka West Ham sudah ditunggu Blackburn Rovers di putaran kelima, 21 Februari nanti. Dilansir dari BBC, Bilic konfiden bisa mengandaskan klub besar Premier League lainnya setelah melakukan triple KO atas Liverpool ini. Pada musim ini, West Ham sudah mengalahkan Manchester City dan Chelsea.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan