Densus 89 Tangkap ”Teroris” Lingkungan

Penyakit mengerikan seperti penyakit kulit sampai segala jenis kanker bisa dipastikan akan berada di dalam tubuh manusia. Bahkan mutasi gen terhadap mahluk hidup bisa saja terjadi.

”Ini memang faktanya, dan sudah banyak penelitian-penetian yang dilakukan baik dari dalam negeri maupun luar negeri,” ujar dia.

Area sawah yang tercemar, tanah yang terkontaminasi zat kimia, zat pengawet, formalin itu semua sudah sangat akrab dengan manusia dan zat-zat itu selalu dikonsumsi lewat makanan. Padahal efek yang diakibatkan bisa terjadi, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Tanggung jawab yang dibebankan sebagai kepala BPLHD Jabar ini dirasakan sangat berat. Ditambah dengan keterbatasan anggaran untuk menyelesaikan masalah lingkungan yang ada di Jawa Barat.

Namun demikian, dirinya menuturkan, berapapun anggaran yang diberikan sebetulnya tidak akan menyelesaikan masalah lingkungan ini apabila tidak ada kesadaran dari manusianya sendiri.

Pernah dirinya berangan-angan ingin memberantas para pelaku kejahatan lingkungan ini dengan berperan sebagai super hero untuk membasmi ”teroris-teroris” lingkungan tersebut.

”Saya kesal dan kewenangan saya terbatas, makanya saya melamun ingin jadi Superman atau Spiderman atau bila perlu dibentuk Densus 89 untuk meringkus pelaku perusak lingkungan biar cepat,” ucap dia diakhiri dengan gelak tawa. (yan/fik/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan