Atasi Dulu Masalah Produktivitas

Soal perekonomian Indonesia, menurut Ronald, salah satu kuncinya ada di perusahaan keluarga. Indonesia punya banyak perusahaan keluarga di berbagai sektor dengan pengaruh yang cukup besar pada laju perekonomian domestik. Dia mengatakan, perusahaan keluarga harus kuat dan solid di level top management.

Jika tidak, level manajemen di bawah akan rusak dan kinerja perusahaan bisa terpengaruh. Persoalan yang sering ditemui di perusahaan keluarga adalah masalah pribadi keluarga yang akhirnya berimbas ke perusahaan. Misalnya, ketidakkompakan manajemen dan meninggalnya sosok keluarga yang menjadi top management perusahaan.

Dari situ, top management punya tantangan, bagaimana membangun perusahaan yang profesional di tengah masalah yang mendera. Jika semua perusahaan keluarga mampu tetap bersikap profesional dan bisa bangkit, multiplier effect-nya akan besar terhadap perekonomian Indonesia. ’’Kalau perusahaan keluarga tidak stuck dan bangkit untuk maju, perusahaan keluarga itu akan sukses dan bisa menghidupi banyak karyawan. Ekonomi pun akan ikut bergerak,’’ tutur penerus Wismilak itu. (rin/c11/sof/hen)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan