April, Proyek Purabaya-Jati-Saguling Berlanjut

bandungekspres.co.id – Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan Kabupaten Bandung Barat akan kembali meneruskan pembangunan Jalan Purabaya-Jati-Saguling sepanjang 16 kilometer pada bulan April 2016 mendatang. Pembangunan ini akan melalui tahapan perencanaan terlebih dahulu dan juga tender ulang pasca pemutusan kontrak kepada PT Imemba Contractors selaku kontraktor lama.

Kepala Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan KBB Rachmat A. Syafaat didampingi Kasie Perencanaan Dinas Bina Marga Sumber Daya Air, Mineral dan Pertambangan KBB Aan Sopian mengungkapkan, perencanaan akan dimulai sekitar bulan Februari dan pada bulan Maret akan dilakukan proses lelang. ’’Setelah proses perencanaan dan lelang ini selesai. Baru pada bulan April mulai pada pekerjaan fisik di lapangan,” kata Rachmat di kantornya, kemarin.

Pengerjaan jalan oleh kontraktor lama sepanjang 2015 lalu, kata dia, baru tercapai 20 % atau kurang lebih pengerjaan baru mencapai 3 kilometer dari target 16 kilometer yang menghubungkan antara Desa Cikande, Bojonghaleuang, Girimukti, Cipangeran, Saguling dan Desa Jati Kecamatan Saguling. ’’Kita targetkan tahun ini pengerjaan Purabaya-Jati-Saguling ini tuntas,” ujarnya.

Menurut Rachmat, pengerjaan Purabaya-Jati-Saguling ini merupakan prioritas utama yang harus selesai di tahun ini. Jika pekerjaan ini rampung hingga Saguling, tentu akan memberikan kualitas jalan yang lebih nyaman serta memudahkan masyarakat dari arah Padalarang menuju Saguling. Bahkan, jika pengerjaan Purabaya-Jati-Saguling ini rampung, bisa disambungkan dengan pembangunan lain yakni akan adanya pengerjaan jalan bypass yang akan hubungkan Saguling-Cipongkor-Gunungahalu-Rongga hingga perbatasan dengan Cianjur. ’’Memang pengerjaan jalan bypass ini program lain. Rencananya bypass ini memiliki panjang jalan 74 km dan lebar 7 meter yang bisa habiskan anggaran hingga Rp 280 miliar,” kata dia seraya menyebutkan anggaran ini harus dibantu oleh APBN.

Selain fokus pada perbaikan jalan Purabaya-Jati-Saguling, pihaknya juga akan melakukan perbaikan dan peningkatan jalan di sejumlah titik di Kabupaten Bandung Barat. Secara total, pengerjaan jalan untuk seluruh Kabupaten Bandung Barat sudah mencapai 80 %. Kabupaten Bandung Barat memiliki panjang jalan 553 km dengan 113 ruas jalan. ’’Mudah-mudahan sisa 20 % pengerjaan jalan bisa tuntas di tahun ini,’’ pungkasnya. (drx/vil)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan