Punya Pasar Unik

Saat ini, total pohon yang ditanamnya mencapai 4.000 pohon. Satu pohon bisa menghasilkan tiga kilogram tomat momotaro. Panen tomat jenis ini seminggu tiga kali, yakni Senin, Rabu, dan Jumat. Sekali panen, total berat tomat yang bisa didapat yakni dua kuintal. ’’Empat bulan itu sudah habis (buahnya),’’ tukas dia.

Pasar tomat ini pun tergolong sudah jelas. Sebab, Jojo sudah meneken kontrak dengan pihak pembeli. Karena itu, kata dia, naik-turunnya harga tomat yang terjadi belakangan ini tidak berpengaruh terhadap tomatnya. ’’Harganya sudah mengacu ke kontraknya,’’ ujar dia.

Harga tomat momotaro di tingkat petani, per kilonya dibanderol Rp 17 ribu. Paling rendah itu Rp 10 ribu/kilogram. Berat satu tomat momotaro ini bisa mencapai 350 gram. Produksi tomat momotaro, bahkan sampai ke Singapura, di luar pengiriman ke supermarket. ’’Ini memang teksturnya memang lembut dibandingkan tomat lain,’’ tandasnya seraya menerangkan jika tomat dapat diolah jadi jus dan juga pembuatan saos-saos pabrikan. (drx/vil)

 

Tinggalkan Balasan