Tolak Dikatakan Sebagai Barter Sponsor

Zhang Chengdong, Pemain Tiongkok Pertama di La Liga

Tiongkok siap mengekor sukses Korsel dan Jepang untuk urusan ekspor pemainnya ke liga-liga top dunia. Setelah Premier League, Bundesliga, dan Ligue 1, kali ini giliran La Liga diterobos raksasa Asia itu.

––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––––

Rabu (30/12) lalu sampai menit ke-80, Rayo Vallecano sanggup bermain imbang tanpa gol versus Atletico Madrid. Bermain di Estadio Del Rayo Vallecano Madrid, motivasi pemain Vallecano berlipat.

Entrenador Vallecano Paco Jemez pun membuat keputusan berani. Di menit ke-81, bek kiri Chechu Dorado ditarik keluar dan digantikan Zhang Chengdong.

Bertepuk tanganlah seisi stadion atas masuknya pemain anyar tersebut. Para penonton yang hadir menjadi saksi histori atas tampilnya pemain Tionkok pertama di La Liga.

Sayang, masuknya Chengdong tidak menghasilkan tuah buat Los Vallecanos, julukan Vallecano. Malah di akhir laga, Vallecano menyerah 0-2 dari Atletico Madrid.

Dua gol Atletico dihasilkan Andrea Correa pada menit ke-88. satu gol tambahan buat Vallecano dicetak Anthoine Griezmann (90’).

Entrenador Vallecano Jemez jelas marah-marah atas kekalahan tersebut. Apalagi dua gol yang lahir setelah Jemez melakukan pergantian bek.

“Seharusnya kebutuhan klub akan pemain dipisahkan dengan kebutuhan klub untuk pendanaan. Hal ini tak boleh terjadi lagi,” tutur Jemez dalam wawancara dengan Radio El Laguero kemarin.

Vallecano yang disponsori Qbao, sebuah perusahaan penyedia jasa, mulai bekerja sama musim ini. Selain Vallecano, Real Sociedad juga disponsori perusahaan yang punya 5 ribu karyawan tersebut.

Lantas betulkah kalau Zhangdong tak layak bermain di La Liga? Pemain berusia 26 tahun itu menepis kalau pinjamannya ke Vallecano ini cuma sekedar cari sensasi. Atau menumpang popularitas.

Dilihat dari CV bermain Zhangdong sudah pernah menjajal atmosfer kompetisi liga Portugal dan Jerman. Meski bukan di kasta teratas, pengalaman Zhangdong cukup lumayan.

Pada 2009 lalu, Zhangdong dikontrak klub kasta kedua Liga Portugal CD Mafra. Setahun kemudian Zhangdong berpindah ke Uniao Leiria. Setelah semusim Zhangdong kembali dipinjamkan ke Beira-Mar.

Hanya semusim di Beira-Mar, Zhangdong kembali berpetualang di liga Eropa. Musim 2012-2013, Zhangdong dipinjamkan ke Eintracht-Braunschweid. Sayang setelah Braunschweid, Zhangdong harus kembali ke Liga Tiongkok. Yakni ke Beijing Guoan.

Tinggalkan Balasan