Tolak Dikatakan Sebagai Barter Sponsor

“Tentu saja saya merasa gugup ketika pertama kali tampil di kompetisi sebesar La Liga. Namun saya bangga sudah membuat sejarah,” ucap Zhangdong seperti diberitakan Xinhua.

Pemain Baoding itu punya alasan ketika Vallecano kalah 0-2 oleh Atletico Rabu (30/12). Yakni Zhangdong tak bermain di posisi aslinya. Di klub lamanya Guoan, Zhangdong adalah winger kanan.

“Saya mencoba adaptasi dengan apa yang diinstruksikan oleh pelatih. Kalaupun kemudian kami kalah dan ketika itu saya melakukan debut, bukanlah semata-mata kesalahan ditimpakan kepada saya,” kelit Zhangdong.

Pemain yang mengawali karir bersama Liaoning Whowin tersebut menuturkan pengalamannya selama lima tahun di Portugal dan Jerman sangat berguna.

Karena berkompetisi di liga-liga yang bukan kasta teratas, persaingan justru sangat keras. Pemain-pemain di kasta kedua semua berebut unjuk kemampuan agar bisa mentas dan main di kasta teratas.

Nah, satu-satunya liga yang belum pernah dijajaki oleh pemain Tiongkok adalah Serie A. Sedang Bundesliga, Premier League, dan Ligue 1 sudah dimasuki pemain Tiongkok.

Di Premier League misalnya. Pernah ada nama Sun Jihai (Manchester City) dan Li Tie (Everton). Walau Jihai dan Tie sudah hengkang dari tanah Inggris dan bermain di Liga Tiongkok, mereka tetap dikenang sebagai pionir sepak bola Tiongkok. (dra/vil)

Tinggalkan Balasan