Harga Premium-Solar Turun Lagi

Sebelum pengumuman di Istana Negara, siangnya Menko Darmin Nasution usai rapat dengan Sudirman, Menteri BUMN Rini Soemarno, Kepala Bappenas Sofyan Djalil, dan Dirut PT Pertamina Dwi Soetjipto mengatakan, aturan pendukung untuk UU 30/2007 tentang Energi sedang dipersiapkan. ’’Di sana (UU 30/2007, Red), dana hanya bisa digunakan untuk pengembangan EBT,’’ terangnya.

Dari rakor tersebut, akan dibuatkan PP dan juga ada Permen ESDM soal Energi. Seandainya opsi itu disetujui, sembari menunggu PP selesai pungutan tetap bisa dilakukan.

Namun, untuk menjaga transparansi, uang yang terkumpul akan dimasukkan dalam rekening khusus. Proses pungutan sementara tanpa PP sendiri disebutnya bisa berjalan sampai 10 Februari. Setelah aturannya jelas, uang baru diserahkan ke badan khusus yang dibentuk untuk mengelola dana sesuai PP.

Terpisah, Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D.W. Martowardojo mengharapkan penurunan harga BBM menjadi motor pendorong terkendalinya target inflasi. ’’Dari sisi daya beli khususnya, nanti ketika tanggal 5 Januari 2016 ada penyesuaian harga BBM itu akan baik sekali,’’ ujarnya, kemarin.

Agus menuturkan, bahwa target inflasi yang menjadi sasaran adalah sebesar 4 persen plus minus 1 persen. Badan Pusat Statistik (BPS) sendiri, mencatat inflasi pada Desember 2015 sebesar 0,96 persen (mtm). Sedangkan secara keseluruhan tahun 2015, inflasi tercatat sebesar 3,35 persen (yoy).

Sedangkan untuk keseluruhan tahun, kelompok administered prices mencatat inflasi yang rendah, yakni 0,39 persen (yoy). Hal tersebut ditopang oleh menurunnya harga minyak dunia di tengah reformasi subsidi berupa penyesuaian harga BBM dan LPG 12kg, serta penyesuaian tarif listrik.

Dia juga menambahkan, selain capaian inflasi yang terkendali, pembangunan infrastruktur juga diharap berkontribusi pada perbaikan ekonomi domestik tahun ini. Agus berharap di awal 2016 sudah ada realisasi anggaran pemerintah. ’’Seperti apa yang disampaikan Pak Presiden Joko Widodo, kementerian-kementerian khususnya yang berkaitan dengan pengembangan infrastruktur sudah melakukan tender untuk melakukan realisasi anggaran 2016,” jelasnya.

Namun, dia juga mengingatkan agar semua pihak dapat terus mewaspadai adanya sentimen dari ekonomi global terkait dengan penurunan harga minyak dunia. ’’Harga minyak rendah membuat harga komoditi turun,” tambahnya. (owi/dim/dee/agm/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan