Van Gaal Punya Visi Bagus

”Sungguh menyakitkan ketika kami dikatakan tak bersungguh-sungguh di lapangan. Sesuai instruksi pelatih, kami melakukan apa yang dikatakannya,” ucap Carrick seperti diberitakan ESPN.

Kondisi ini sangat berbeda ketika United mengalami rentetan kekalahan di bawah David Moyes. Moyes yang komunikasinya buruk, tak dihormati para pemainnya.

Rasa hormat kepada Van Gaal ini mungkin hadir karena Van Gaal sudah menghadirkan berbagai tropi bersama Ajax dan Barcelona. Mulai piala liga sampai Liga Champions. Pencapaian berbagai tropi ini yang tak dipunyai Moyes. Moyes dianggap pemain hanyalah pelatih kelas medioker bersama Everton.

Mantan pemain United Mark Hughes sendiri sangat prihatin melihat apa yang terjadi dengan United saat ini. Hughes tanpa ragu menyebut United tampil tanpa karakter di saat ini.

Hughes pun mengkritisi pemain yang secara individual punya talenta istimewa seperti Juan Mata atau Anthony Martial kurang diberi kepercayaan. Padahal mereka punya kecepatan dan kemampuan dribbling istimewa.

”Kemenangan adalah segalanya. Sehingga empat kekalahan lalu diakhiri dengan hasil imbang lagi tanpa gol rasanya tak pantas buat klub sebesar United,” tambah Hughes.

Van Gaal sendiri menolak disudutkan oleh fakta kekalahan beruntun yang didapatnya. Van Gaal malah balik menuding media membuat tulisan menipu tentangnya.

Ketika kalah oleh Stoke (26/12) lalu, media-media menulis Van Gaal akan memecat dirinya sendiri. Apalagi posisi United terus melorot di klasemen Premier League.

”Saya ditanya oleh media apakah saya memikirkan soal pemecatan, saya pun menjawabnya tentu saja. Saya memikirkan itu bukan berarti saya akan menyerah,” tutur Van Gaal.

Van Gaal memang bertahan besi dan tak segan menyingkirkan pemain yang ingin menonjol secara individu. Van Gaal adalah penganut sepak bola kolektif. Namun akankah itu bertahan di sepak bola Inggris yang punya kultur dimana para pemilik sangat mendengar fans?

Atau jangan-jangan United memang klub yang sabar dalam menanti hasil ? Bisa jadi. Saat itu Sir Alex Ferguson butuh empat musim untuk memberikan tropi pertama buat United. Masuk sebagai tactician United 1986, Sir Alex memberikan tropi pertama buat Unietd adalah Piala FA 1989/1990. (dra/asp)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan