Ciptakan Kowad Tangguh yang Berkarakter

bandungekspres.co.id– Angin yang berhembus kencang tidak memengaruhi 348 Korp Wanita Angkatan Darat (Kowad) di Pusdikajen, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, kemarin (22/12). Mereka tetap bersemangat mengikuti rangkaian acara HUT ke-54 Kowad pagi itu. Sesekali suara teriakan girang terdengar dari mereka, tanda sangat menikmati games Barongsai yang sedang dimainkan.

kowad
FAJRI ACHMAD NF / BANDUNG EKSPRES

SEMARAK: Kasdam III siliwangi Brigjen TNI Wuryanto (tengah) didampingi oleh perwira koordinator kowad
Kolonel CAJ (k) Winarni (kedua kiri) pada HUT Kowad Ke – 54 di Lapangan Pudik Ajen, Selasa (22/12).

Games ini melibatkan tiga sampai empat kelompok. Masing-masing diberi kepala Barongsai dan satu balon. Tiap barongsai harus mengejar balon yang ditempel di salah satu badan peserta kelompok lain. Sang kepala Barongsai harus menangkap balon itu, sementara teman-temannya yang jadi badan, wajib ikut si kepala. Sontak suasana heboh seketika, karena peserta sibuk mengejar balon. Sampai lupa di mana sang kepala berada.

Bukan tanpa alasan panitia memilih games ini. Ternyata, Barongsai memicu para pesertanya untuk bisa mengaplikasikan kerja sama. Selain Barongsai, ada sederet permainan lain yang bertujuan sama. Seperti Hulahoop dan Troli.

’’Games dipilih untuk melatih kerja sama, kepemimpinan, motivasi dan kepribadian karakter Kowad,’’ jelas perwira Koordinator (Pakor) Kowad Kodam III/Slw Kolonel Caj(K) Winarni kepada Bandung Ekspres, kemarin (22/12).

Hal itu, kata Winarni, sesuai dengan surat telegram dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono. Bahwa kegiatan ulang tahun harus berlandaskan aksi sosial, olahraga dan ziarah. Untuk sosial, Kowad sudah memenuhinya dengan mengadakan Donor Darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI). Sedangkan ziarah, sudah dilakukan pula di Taman Makam Pahlawan di Cikutra.

Pada peringatan ulang tahun kali ini, Kowad mengusung tema “Dilandasi dengan Profesionalisme dan Berkepribadian yang Baik, Kowad Siap Mendukung Tugas TNI AD yang Berkelas Dunia”. Tema itu digunakan supaya Kowad termotivasi untuk bisa bekerjasama dengan baik, sekaligus jadi perempuan yang lembut namun tangguh.

’’Bisa dilihat tadi, games-nya benar-benar melatih kekompakan. Supaya Kowad tumbuh jadi perempuan mandiri, berkarakter, dan punya jiwa kepemimpinan,’’ ucap Winarni didampingi Wapakor Mayor Caj(K) Sudaryati dan Ketua Panitia HUT Kowad Mayor Anita Beatrik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan