Cimahi Harus Bangun Sarana untuk Kepemudaan

bandungekspres.co.id– Setelah mendapatkan penghargaan di bidang kebersihan melalui Piala Adipura, berbagai pujian untuk Kota Cimahi datang dari sejumlah pihak, termasuk politisi. Salah satunya Agung Budi Santoso (ABS), anggota DPR RI Dapil Kota Bandung-Kota Cimahi.

Iwan Setiawan Koordinator Rumah Aspirasi
Iwan Setiawan
Koordinator Rumah Aspirasi

ABS melalui Koordinator Rumah Aspirasi Iwan Setiawan mengatakan, apa yang diraih Cimahi saat ini sangat membanggakan. Penghargaan itu merupakan kerja keras Pemerintah Kota Cimahi dalam meraih predikat kota terbersih di Indonesia. ”Penghargaan ini untuk warga kota Cimahi yang sudah semakin sadar tentang pentingnya memelihara lingkungan dan kebersihan kota,” jelas Iwan, kemarin.

Menurutnya, anugerah Adipura menjadi momen penting agar Cimahi menjadi kota yang maju dan mandiri. Cimahi juga mesti pertahankan predikat tersebut.

Selain itu, prestasi lainnya yang diperoleh adalah predikat Wajar Tanpa Pengecualian oleh BPK RI menjadi Kota Cimahi sebagai pemerintahan daerah yang memiliki pengelolaan keuangan yang baik. ”Ini penting dengan pengelolaan keuangan terhadap realisasinya menjadi tolak ukur kemajuan suatu daerah agar terserap dan tepat sasaran dalam realisasi penggunaannya,” katanya.

Namun demikian, pembangunan dan pengembangan di berbagai sektor belum menyentuh secara merata, khususnya bidang kepemudaan dan olahraga. Sebab di Kota Cimahi belum memiliki sarana olahraga dan wadah kepemudaan yang representatif.

Iwan menilai, olahraga dan kepemudaan itu sangat penting. Pasalnya, pembangunan dan pembinaan generasi muda akan menjadi tolak ukur untuk kemajuan suatu bangsa. ”Kota Cimahi itu memiliki generasi muda yang kreatif seperti adanya pusat animasi digital di Baros yang karya-karyanya diakui oleh insan perfilman nasionbal dan dunia dan berbagai komunitas lainnya,” cetus Iwan.

Tak cuma itu, sarana-prasarana untuk menunjang prestasi di bidang olahraga hendaknya segera dibenahi, karena Kota Cimahi belum miliki yang memadai. Keberadaan Stadion Sangkuriang yang menjadi tempat legendaris Cimahi hendaknya direvitalisasi pembangunannya agar warga memiliki tempat layak berolahraga.

Dia berpendapat, Pemkot harus menganggarkan untuk revitalisasi dan pembangunan sarana olah raga ini melalui APBD atau minta bantuan kepada pemerintah pusat atau provinsi. ”Stadion Sangkuriang yang menjadi ikon harus dipertahankan bahkan direvitalisasi kembali agar SOR ini bisa mencetak atlet-atlet berprestasi,” tukas dia.

Tinggalkan Balasan