oleh

UMKM Butuh Penurunan Bunga Bank

Karena itu, Nina meminta pemerintah juga perlu memperhatikan industri skala kecil dan menengah yang memerlukan modal di atas Rp25 juta. Menurutnya, industri ini sangat perlu mendapat akses permodalan karena sebenarnya industri skala kecil dan menengah justru yang cukup banyak menyerap tenaga kerja. ”Mereka juga butuh akses permodalan karena untuk ekspor dan sebagainya,” kata dia.

Ketua Umum Pengurus Apindo Hariyadi B Sukamdani meminta pemerintah gencar menggerakkan sektor riil untuk mengatasi perlambatan ekonomi agar tidak mengarah ke pelemahan yang lebih besar. ”Paket-paket kebijakan ekonomi sudah bagus tapi perlu didorong lagi dari sisi pembiayaan, supaya lebih banyak lagi masyarakat yang bekerja di sektor riil,” tukasnya.

Baca Juga:  Mau Memulai Bisnis Budidaya Ikan Lele? Begini Caranya!

Dia menambahkan jika sebelumnya Apindo setuju bunga acuan BI tidak turun, tapi sekarang butuh penurunan BI Rate. Harus ada keberanian untuk mendorong sektor riil, termasuk dari sisi moneter. ”Segala sesuatu yang perlu dilakukan harus dilakukan demia untuk menggerakkan sektor riil dan menumbuhkan daya beli masyarakat,” jelasnya. (wir/rie)

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga